Bergantung dengan Istilah Self Reward, Begini Tips Supaya Dompet Gak Boncos

Bergantung dengan Istilah Self Reward, Begini Tips Supaya Dompet Gak Boncos

Self reward akhir-akhir ini sering menjadi sebuah kebiasaan banyak orang untuk mengapresiasi dirinya sendiri setelah melewati berbagai tugas ataupun pekerjaan yang sulit. Tapi dari sisi keuangan, sebenarnya self reward ini merupakan tameng seseorang biar bisa berfoya-foya.

Belanja secara impulsif dan tak terkontrol dapat membuat keuangan seseorang jadi berantakan. So, gimana cara ngatasinnya?

 

1. Buat Budgeting

Sebelum kamu melakukan self reward, kamu mesti bikin budgeting terlebih dahulu buat menentukan batas maksimal berapa pengeluaran yang mesti kamu pakai setiap bulannya.

Pastikan dulu juga apa saja yang menjadi prioritasmu dalam keseharian. Misalnya membayar tagihan, cicilan, kebutuhan rumah dan sebagainya. Membuat budgeting itu bisa membantu kamu biar gak boros akibat belanja berlebihan.

2. Sesuaikan Kebutuhan

Tips hemat uang supaya gak boros karena ‘self reward’ (via kumparan.com)

Walaupun embel-embel self reward sering menjadi alasan, kamu harus tetap bisa mengendalikan pengeluaranmu sesuai kebutuhan, ya. 

Misalnya, kalo kamu mau self reward dengan membeli barang atau makanan favorit, maka belilah seperlunya saja. Hindari belanja secara berlebihan dalam satu waktu yang bisa nguras kantong kamu.

3. Gak Selalu Harus Mengeluarkan Uang

Tips hemat uang supaya gak boros karena ‘self reward’ (via cnn.com)

Banyak banget nih, orang yang mengartikan self reward dengan tindakan yang berkaitan dengan ‘belanja’. Padahal, kamu bisa lho melakukan self reward tanpa mengeluarkan uang.

Misalnya dengan melakukan hobi yang kamu sukai, entah itu nonton film, memasak, menggambar dan hal-hal lainnya yang gak bikin nguras budget.

4. Jangan Turuti Gengsi

Terakhir kamu mesti ingat nih, kalo tujuan self reward itu sendiri merupakan tindakan mengapresiasi diri sendiri dan sebagai cara supaya kamu bisa terus semangat melakukan aktivitas lainnya.

Maka itu, usahakan untuk hindari kebiasaan mengejar tren atau mengikuti gengsi semata. Karena kalo kayak gini terus, bisa-bisa kamu kehabisan energi dan buang-buang uang saja.

Tips hemat uang supaya gak boros karena ‘self reward’ (via cnn.com)