Nggak Habis Dimakan? Begini Tips Menyimpan Sushi Biar Nggak Cepat Basi

Kalau kamu tahu bagaimana tips menyimpan sushi yang benar, makanan tersebut bisa kamu makan lagi besok lho. Penasaran?

Sebagian orang mungkin mengira bahwa sushi adalah makanan yang harus langsung dihabiskan ketika telah disajikan. Padahal kalau kamu tahu bagaimana tips menyimpan sushi yang benar, makanan tersebut bisa kamu makan lagi besok lho.

Sushi merupakan makanan khas Jepang yang cukup banyak peminatnya di Indonesia. Makanan ini terbuat dari nasi dengan berbagai macam isi, mulai dari ikan segar, daging, sayuran, dan masih banyak lagi. Nah, buat kamu yang suka banget makan sushi tapi nggak mampu kalau menghabiskannya secara langsung. Yuk simak tips menyimpan sushi berikut ini biar nggak cepat basi.

1. Hindari Paparan Udara

Perlu diketahui bahwa udara dapat menyebabkan sushi menjadi kering dan kehilangan rasa. Karena itu, jika ingin menyimpan suhsi, pastikan sushi yang kamu simpan tersimpan rapat dalam wadah. Atau kamu juga bisa membungkusnya dengan plastik wrap agar tidak ada udara yang masuk.

2. Simpan dalam Wadah Khusus

Tips Menyimpan Sushi (viaSayurbox)

Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa sushi sebaiknya tidak terpapar udara karena bisa membuatnya kering. Karena itu, siapkan wadah khusus kedap udara agar sushi yang kamu simpan tidah terkontaminasi bau atau rasa yang lain saat disimpan dalam lemari es. Sebelum masuk lemari es, pastikan wadah yang digunakan tertutup rapat dan bebas dari udara.

3. Jangan Terlalu Lama Disimpan di Lemari Es

Tips Menyimpan Sushi (via BBC)

Meski sudah disimpan dalam wadah kedap udara, tapi sebaiknya sushi tidak disimpan di dalam lemari es terlalu lama ya. Sebab, tekstur sushi bisa berubah jika berada dalam suhu rendah sehingga tidak seenak sebelumnya.

4. Jangan Memotong dengan Pisau Tumpul

Tips Menyimpan Sushi (via Rukita)

Terakhir, hindari memotong sushi menggunakan pisau tumpul. Walaupun terdengar sepele, namun pisau tumpul akan merusak tekstur sushi tersebut. Pastikan pisau yang kamu gunakan tajam ya.

Ternyata ada ya tips menyimpan sushi biar nggak cepat basi, dan ternyata mudah! Dengan penyimpanan yang benar makanan ini jadi lebit awet dan besok bisa dimakan lagi. Enggak perlu buang-buang makanan lagi, deh!

Tips Menyimpan Sushi (via Kompas)