Simak Baik-Baik! Ini 4 Penyebab Foundation Cakey yang Wajib Dihindari

Apa sih penyebab foundation terasa cakey sehingga mudah retak? Agar enggak salah lagi, coba simak ulasan berikut ini!

Foundation merupakan base makeup yang nggak boleh ditinggalkan. Sebab produk ini bisa menyamarkan garis halus dan meratakan warna kulit. Tapi kamu wajib tahu penyebab foundation terasa cakey, agar riasan kamu nggak pecah atau retak. Buat kamu yang masih belajar makeup. Yuk, cari tahu apa saja kesalahan yang menyebabkan foundation yang gunakan terasa cakey.

1. Kasar Saat Mengaplikasikan Foundation

Penyebab pertama foundation nampak cakey adalah karena kamu mengaplikasikannya terlalu kasar. Misalnya seperti menggosoknya terlalu kuat pada wajah. Cara ini mungkin terlihat lebih praktis, padahal terlalu kasar mengaplikasikan foundation akan membuatnya tidak bisa stay di satu tempat.

Untuk mengaplikasikan foundation, sebaiknya tepuk-tepuk perlahan. Meski membutuhkan waktu yang cukup lama, namun hasilnya tidak akan membuat foundation cakey dan garis halus pun tersamarkan.

2. Terburu-buru Memakai Bedak Tabur

Penyebab Foundation Cakey (via Sociolla)

Bedak tabur memang biasanya digunakan agar foundation yang set. Tapi memakainya secara terburu-buru tidak akan membuat foundation nampak baik. Justru pemakaian seperti itu akan membuat foundation cakey. Sebaiknya setelah memakai foundation, tunggu dulu 15-20 menit. Kemudian kamu bisa mengaplikasikan bedak tabur secara perlahan.

3. Terlalu Banyak Produk yang Digunakan

Penyebab Foundation Cakey (via Parapuan)

Sebagian orang mungkin membutuhkan beberapa produk foundation untuk hasil riasan yang maksimal. Padahal hal tersebut justru berisiko membuat foundation cakey. Tidak hanya itu, foundation yang terlalu banyak juga akan menyebabkan garis halus bermunculan.

4. Aplikator yang Kurang Tepat

Penyebab Foundation Cakey (via SehatQ)

Foundation yang cakey juga bisa disebabkan oleh penggunaan aplikator makeup yang kurang tepat. Untuk foundation cair, sebaiknya kamu menggunakan beauty blender. Sementara, untuk foundation  dengan tekstur cream atau powder, sebaiknya gunakan aplikator berupa brush. Aplikator makeup yang tepat akan mempengaruhi hasil akhir makeup. Jadi jangan sampai salah ya.

Setelah mengetahui penyebab foundation cakey, kamu harus mulai menghindari agar riasan lebih sempurna. Walaupun semua butuh kebiasaan, namun alangkah lebih baik jika kita memahami tips dan trik yang benar. Selamat mencoba!

Penyebab Foundation Cakey (via Urbanasia)