5 Hasil Survei Terkini Pilpres 2024 Tunjukkan Elektabilitas Ganjar Pranowo – Mahfud MD Tetap Tertinggi

5 Hasil survei terkini Pilpres 2024 menunjukkan elektabilitas Ganjar Pranowo dan Mahfud MD tertinggi.

Tingkat elektabilitas dari pasangan Capres-Cawapres yang diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Ganjar Pranowo-Mahfud MD menunjukkan hasil tertinggi dibandingkan dua pasangan lainnya, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar.

Di mana, tingkat elektabilitas ini diperoleh berdasarkan hasil jajak pendapat terkini yang dirilis oleh lima lembaga survei. Seperti hasil survei yang dirilis Charta Politica yang menunjukkan pasangan Ganjar-Mahfud menduduki peringkat teratas dengan 36,8 persen.

Sementara posisi kedua ditempati Prabowo-Gibran ada di angka 34,7 persen lalu disusul pasangan Anies-Muhaimin di peringkat buncit dengan 24,4 persen. Adapun survei yang digelar pada 26-31 Oktober 2023 ini melibatkan 2.400 responden.

Para responden tersebut dipilih secara acara atau multistage random sampling di 38 provinsi. Kemudian hasil survei lembaga Alvara Strategic juga menunjukkan hasil serupa. Di mana, Ganjar-Mahfud mendapatkan hasil 36,5 persen. Di urutan kedua, Prabowo-Gibran dengan 30,1 persen dan Anies-Muhaimin 19,4 persen.

Demikian juga dengan hasil survei yang dilakukan oleh lembaga Algoritma Research and Consulting. Pasangan Ganjar-Mahfud menghasilkan angka elektabilitas mencapai 29,3 persen, di bawahnya ada Prabowo-Gibran dengan 24,6 persen dan Anies-Muhaimin dengan 16,9 persen.

Sementara Lembaga survei Saifulmujani Research and Consulting (SMRC) merilis hasil yang diperoleh pasangan Ganjar-Mahfud berada diurutan teratas dengan angka 37,9 persen. Prabowo-Gibran menunjukkan 33,5 persen, sedangkan Anies-Muhaimin di angka 19,2 persen.

Ganjar-Mahfud Unggul Dalam Hasil Survei Terkini Pilpres 2024 Dari 5 Lembaga (Istimewa)

Keunggulan duet Ganjar-Mahfud ini juga ditunjukkan hasil survei dari Populi Center Public Opinion & Policy Research. Keduanya berada di urutan pertama dengan 35,8 persen. Prabowo-Gibran mengikuti di urutan kedua dengan 33,4 persen, sedangkan Anies-Muhaimin bertahan di urutan ketiga dengan 23,2 persen.

Hasil survei terkini lembaga-lembaga ini sebenarnya tidak banyak berbeda dengan survei-survei yang sudah dilakukan sebelumnya. Beberapa survei yang pernah dilakukan menunjukkan elektabilitas pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD selalu di urutan pertama.

"Tidak terlalu banyak perubahan kalau dibandingkan dengan 13-17 Oktober untuk 3 nama pasangan Capres," kata Yunarto Wijaya, Direktur Eksekutif Charta Politica terkait hasil survei Pilpres 2024 yang posisi teratasnya Ganjar Pranowo dan Mahfud MD.

Capres-Cawapres Dalam Pilpres 2024 (Disway)