Turunkan Kolesterol Hingga Tingkatkan Daya Tahan Tubuh, Ini 3 Manfaat Biji Alpukat untuk Kesehatan

Tahu enggak sih, manfaat biji alpukat untuk kesehatan juga banyak lho! Apa saja? Yuk cari tahu di sini!

Alpukat memang terkenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Bahkan wanita hamil disarankan mengonsumsi buah yang satu ini sebagai sumber folat yang baik untuk janin. Namun nggak cuma dagingnya, manfaat biji alpukat untuk kesehatan juga banyak lho.

Manfaat biji alpukat pun cukup beragam. Bahkan bisa digunakan untuk pengobatan herbal karena kandungan antioksidannya. Jadi apa saja sih manfaat biji alpukat untuk kesehatan yang belum banyak diketahui banyak orang?

1. Menurunkan Kolesterol

Biji alpukat diyakini dapat menurunkan kolesterol. Kandungan serat dalam alpukat dapat mengikat kolesterol, sekaligus mengeluarkannya dari dalam tubuh. Tidak hanya itu, fenolik dalam alpukat juga dapat menghambat penyerapan kolesterol dari usu ke dalam aliran darah. Karena itulah, dengan mengonsumsi biji alpukat, maka kolesterol jahat dalam darah dapat diturunkan.

Manfaat Biji Alpukat untuk Kesehatan (via SINDOnews)

2. Menurunkan Kadar Gula dalam Darah

Selanjutnya biji alpukat juga baik dalam menurunkan kadar gula dalam darah. Sebab, biji alpukat mengandung fenolis yang dapat menghambat aktivitas enzim yang bertugas memecah karbohidrat menjadi glukosa.

Dengan mengonsumsi biji alpukat, maka penyerapan gula dari makan ke aliran darah akan terhambat, sehingga setelah makan tidak akan terjadi lonjakan kadar gula dalam darah. Karena itu, para penderita diabetes dianjurkan untuk mengonsumsi biji alpukat.

Manfaat Biji Alpukat untuk Kesehatan (via Bola)

3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Jika kamu ingin daya tahan tubuhmu meningkat dan tidak gampang sakit, sebaiknya rutinlah mengonsumsi biji alpukat. Sebab, biji alpukat mengandung antioksidan yang dapat melindungi sel tubuh sehingga terlindungi dari kerusakan akibat radikal bebas.

Namun selain mengonsumsi biji alpukat, agar kamu tidak gampang sakit, sebaiknya jangan lupa juga untuk selalu menerapkan gaya hidup sehat, dengan tidur cukup, mengelola stres, dan berolahraga secara teratur.

Wah ternyata banyak juga ya manfaat biji alpukat untuk kesehatan. Jadi jangan cuma makan dagingnya saja, bijinya juga bisa menjadi alternatif asupan untuk menjaga pola hidup sehat. Sudah siap mencoba?

Manfaat Biji Alpukat untuk Kesehatan (via Detik)