5 Jenis Makanan yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Saat Sarapan

Ternyata ada makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi saat sarapan karena hanya akan meningkatkan kadar gula darah dan tidak baik bagi tubuh.

Sarapan merupakan waktu makan yang penting sehingga sebaiknya tidak dilewatkan. Selain itu, makan pagi juga memiliki peran untuk membekali tubuh dengan gizi, energi dan nutrisi yang dibutuhkan untuk menjalankan aktivitas harian.

Meskipun penting, ternyata ada makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi saat sarapan karena hanya akan meningkatkan kadar gula darah dan tidak baik bagi tubuh. Karenanya, penting untuk memilih makanan sehat dan sebaiknya hindari beberapa makanan berikut ini saat pagi hari:

1. Makanan Tinggi Gula

Makanan seperti donat, sereal manis, dan minuman bersoda sebaiknya dihindari saat sarapan. Walau kelihatannya sehat, kandungan gula yang tinggi dalam makanan ini dapat menyebabkan lonjakan gula darah yang cepat, namun kemudian diikuti oleh penurunan drastis. Hal ini dapat membuatmu merasa lemas dan lapar lagi dalam waktu singkat.

2. Makanan Berlemak Tinggi

Makanan yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Saat Sarapan (via Disway Jateng)

Makanan berlemak tinggi, seperti sosis, gorengan, atau kulit ayam sebaiknya tidak menjadi pilihan utama saat sarapan. Lemak jenuh yang tinggi dalam makanan ini dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan dapat membuatmu merasa kenyang untuk waktu yang singkat tanpa memberikan nutrisi yang cukup.

3. Makanan dan Minuman Tinggi Kafein

Makanan yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Saat Sarapan (via Indozone)

Minuman yang mengandung kafein, seperti kopi dan minuman berenergi, sebaiknya tidak dikonsumsi sebagai satu-satunya sumber sarapan. Kafein dapat meningkatkan denyut jantung dan membuatmu merasa cemas, yang bukan kondisi ideal untuk memulai hari.

4. Makanan Olahan Berkalori Rendah

Makanan yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Saat Sarapan (via Otten Coffee)

Produk makanan olahan berkalori rendah seringkali mengandung pengganti gula dan bahan yang tidak sehat. Meskipun terlihat sebagai pilihan rendah kalori, makanan semacam mie instan atau kentang goreng seringkali membuatmu merasa lapar lebih awal.

5. Makanan Cepat Saji

Makanan yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Saat Sarapan (via Cantika)

Sarapan berupa makanan cepat saji seperti burger dan nugget cenderung tinggi lemak jenuh dan garam. Konsumsi makanan cepat saji secara rutin dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit kronis.

Sebagai alternatif, kamu bisa mengonsumsi makanan yang kaya serat, vitamin, dan mineral. Oatmeal, telur, yogurt rendah lemak, buah-buahan segar, sayuran, dan roti gandum adalah pilihan yang baik. Jangan lupa untuk mencukupi kebutuhan air dengan minum air putih atau minuman rendah gula seperti teh herbal.

Dengan menghindari makanan di atas, dan memilih makanan yang lebih sehat, kamu dapat memastikan bahwa tubuhmu mendapatkan asupan yang baik untuk memulai hari dengan energi dan semangat yang tinggi. Sarapan yang baik akan membantu meningkatkan produktivitas dan kesehatanmu di masa depan.

Makanan yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Saat Sarapan (via Kompas)