Deswita Maharani-Harliafa Princi Jadi Omongan, Bagaimana Sih Cara Dekat dengan Ibu Tiri?

Bagaimana sih cara dekat dengan ibu tiri tanpa drama? Jika kamu dalam posisi ini, coba deh beberapa trik berikut ini!

Deswita Maharani baru-baru ini jadi gunjingan terkait videonya bersama anak sambung, Harliafa Princi alias Lea. Rekaman tersebut menunjukkan suasana canggung di antara mereka, sehingga banyak yang menduga hubungan mereka kurang dekat. Walau sudah dibantah oleg Deswita, namun netizen tidak percaya begitu saja. Namun terlepas dari seperti apa hubungan mereka, siapapun yang berada di posisi anak sambung mungkin akan bertanya-tanya bagaimana sih cara dekat dengan ibu tiri/sambung tanpa drama?

Jika kamu adalah seorang anak yang ayahnya menikah lagi, pasti juga ingin bisa memiliki hubungan yang dekat dengan ibu tiri, atau yang saat ini lebih dikenal dengan istilah ibu sambung. Hubungan dengan ibu sambung memang tidak selalu mudah, tapi kamu bisa lho membangun ikatan yang kuat dan harmonis dengan ibu sambung. Semakin lama mengenal ibu sambung, kamu mungkin akan menemukan sosok ibu tiri seperti Ashanty yang baik dan penyayang. Nah, berikut ini adalah beberapa cara yang dapat membantu kamu mendekatkan diri dengan ibu sambung:

1. Memiliki Keinginan untuk Mendekatkan Diri

Pertama-tama, kamu harus memiliki niat tulus untuk membangun hubungan yang positif dengan ibu sambung. Jangan malah menutup hati akan kedatangannya. Ibu sambung memang tidak akan menggantikan posisi ibu kandung di hatimu, tapi kalian tetap bisa jadi keluarga yang harmonis.

Beberapa orang mungkin merasa hal ini sulit, terlebih karena selama ini image “ibu tiri” dianggap jahat dan tidak sayang kepada anak tiri. Namun cobalah melihat dari perspekstif yang berbeda dan berusahalah menjalin hubungan baik layaknya dengan paman, bibi, atau orang lain di sekitarmu. Hal ini tentunya memerlukan komitmen dari dirimu sendiri.

2. Kenali Kepribadian dan Minatnya

Cara Dekat dengan Ibu Tiri (via Bank Sinarmas)

Agar dapat menerima kehadiran ibu tiri dengan lebih baik, kamu perlu lebih mengenal kepribadian dan minat ibu tiri. Cobalah untuk menemukan kesamaan minat atau hobi yang bisa menjadi titik awal untuk membangun kedekatan. Kamu bisa menemukan informasi ini melalui ayahmu. Tanyakan apa yang ayahmu suka dari ibu tirimu. Hal ini sekaligus bisa membuatmu melihat kebahagiaan yang ayahmu rasakan dengan kehadiran pendamping dalam hidupnya.

3. Komunikasi yang Terbuka dan Jujur

Cara Dekat dengan Ibu Tiri (via KlikDokter)

Penting untuk selalu menjaga saluran komunikasi terbuka dengan ibu tiri. Cobalah untuk berbicara tentang perasaanmu, harapan, dan kekhawatiran dengan jujur. Hindari konflik yang mungkin timbul karena ketidakpahaman.

4. Tunjukkan Rasa Hormat

Cara Dekat dengan Ibu Tiri (via d'Fun Station)

Jangan lupakan sopan santun. Tunjukkan rasa hormatmu kepada ibu tiri seperti yang kamu lakukan kepada orang lain. Ini adalah langkah penting dalam membangun hubungan yang dekat dengan ibu tiri.

5. Dengarkan dengan Aktif

Cara Dekat dengan Ibu Tiri (via Halodoc)

Ketika ibu tiri berbicara, dengarkan dengan seksama. Berikan perhatianmu secara penuh saat dia ingin berbicara tentang dirinya atau kehidupannya. Hal ini akan membuatnya merasa dihargai dan pada akhirnya juga akan memberikan perhatian dan kasih sayang tulus kepadamu.

6. Jangan Bandingkan dengan Orang Lain

Cara Dekat dengan Ibu Tiri (via herstory)

Terakhir, penting untuk tidak membanding-bandingkan ibu tiri dengan orang tua kandungmu atau ibu tiri dengan ibu tiri orang lain. Setiap individu adalah unik, dan membandingkan mereka hanya akan menciptakan ketidakpuasan dan ketegangan. Fokuslah pada hubunganmu dengan ibu tiri sendiri, dan berusaha untuk membangun ikatan yang kuat dengan cara yang alami dan positif.

Mengenali cara dekat dengan ibu tiri adalah upaya bersama untuk menciptakan keharmonisan dalam keluarga. Dengan kesabaran, komunikasi yang baik, dan komitmen untuk membangun hubungan yang positif, kamu bisa membangun ikatan yang kuat dengan ibu sambung yang dapat bertahan sepanjang masa.

Cara Dekat dengan Ibu Tiri (via Okezone)