Nggak Usah Diambil Pusing, Ini 4 Cara Mengatasi Rambut Rontok Pasca Melahirkan

Ada sejumlah cara mengatasi rambut rontok pasca melahirkan yang bisa dilakukan agar rambut tetap lebat dan indah. Yuk intip di sini!

Sebagian perempuan mungkin merasa cemas karena mengalami rambut rontok parah setelah melahirkan. Sebenarnya tidak perlu khawatir, sebab ada sejumlah cara mengatasi rambut rontok pasca melahirkan yang bisa dilakukan agar rambut tetap lebat dan indah.

Perlu diketahui, kerontokan rambut pada perempuan yang baru saja melahirkan sebenarnya normal terjadi. Kondisi ini akan berlangsung selama beberapa bulan hingga setahun. Setelah itu, keadaan akan membaik dan kondisi rambut akan tumbuh normal kembali. Tapi agar kerontokan rambut tidak terlalu parah setelah melahirkan, kamu bisa lakukan beberapa cara berikut ini.

1. Kurangi Pemakaian Alat Styling Rambut

Alat styling rambut bisa memperparah kondisi rambut. Jadi lebih baik hindari pemakaian alat styling rambut seperti pelurus dan pengering rambut. Jika terpaksa menggunakan pengering rambut karena tidak nyaman dengan rambut yang basah, sebaiknya atur pengering rambut pada tingkat kekuatan yang paling rendah.

Cara Mengatasi Rambut Rontok Pasca Melahirkan (via Waspada Online)

2. Gunakan Kondisioner

Setelah keramas jangan lupa untuk menggunakan kondisioner agar rambut lebih lembut, mudah diatur, dan berkilau. Namun, jika penggunaan kondisioner justru membuat rambutmu terlihat lebih tipis dan lepek, sebaiknya funakan sampo yang dikhususkan untuk rambut mengembang.

Cara Mengatasi Rambut Rontok Pasca Melahirkan (via Halodoc)

3. Konsumsi Makanan Sehat

Pasca melahirkan, pastikan kamu mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi tinggi. Makanan tersebut akan berguna untuk membantu pertumbuhan rambut. Kamu bisa mengonsumsi makanan yang kaya protein dan vitamin, seperti telur, susu, sayuran, dan buah-buahan.

Cara Mengatasi Rambut Rontok Pasca Melahirkan (via Jovee)

4. Konsumsi Vitamin

Selain mengonsumsi makanan bergizi, kamu juga harus mengonsumsi vitamin prenatal setelah melahirkan. Vitamin tersebut akan bermanfaat untuk membantu menjaga rambut tetap sehat. Sehingga kerontokan yang terjadi tidak begitu parah.

Nah, itu tadi beberapa cara mengatasi rambut rontok pasca melahirkan yang bisa kamu terapkan. Jangan tunggu sampai rontok parah! Segera atasi dengan trik-trik mudah di atas agar kesehatan rambutmu tetap terjaga.

Cara Mengatasi Rambut Rontok Pasca Melahirkan (via Suara)