Bisa Jadi Alternatif, Ini Lho Cara Melindungi Kulit Selain Pakai Sunscreen

Bagi kamu yang mempunyai alergi saat memakai sunscreen, kamu wajib mengetahui bagaimana cara melindungi kulit selain menggunakan sunscreen agar kulit tetap sehat.

Sunscreen umumnya digunakan untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV. Sayangnya beberapa orang justru mengalami alergi saat memakai sunscreen. Karena itu, kita harus tahu bagaimana cara melindungi kulit selain menggunakan sunscreen agar kulit tetap terjaga dengan baik.

Seperti yang diketahui, selain memberikan manfaat sinar matahari juga dapat mengganggu kesehatan kulit. Bahkan bisa menyebabkan kanker. Untuk itu perlindungan pada kulit harus benar-benar diperhatikan. Jika kamu termasuk orang yang alergi sunscreen, coba beberapa cara ini untuk melindungi kulit kamu dari paparan sinar matahari.

1. Pakai Topi dan Kacamata Hitam

Mengutip laman Hello Sehat, cara pertama agar kulit kamu terlindungi dari paparan sinar matahari adalah dengan memakai topi dan kacamata hitam. Sebab, topi dinilai dapat melindungi area kulit kepala, hidung, pipi, telinga, dan leher.

Pilih topi dengan ukuran lidah topi sekitar 8 cm agar bisa benar-benar melindungi kepala dan wajah. Selain topi, kacamata hitam juga bisa digunakan untuk melindungi mata dan kulit dari sinar matahari. Pilih kacamata yang mampu menyerap 99-100 persen sinat matahari.

2. Pilih Pakaian Tepat

Cara Melindungi Kulit Selain Pakai Sunscreen (via Antaranews)

Cara kedua melindungi kulit tanpa sunscreen adalah dengan memakai pakaian yang tepat. Pilih pakaian yang mampu menangkal sinar matahari dengan baik. Misalnya memakai pakaian dengan bahan kepar/linen (twill), denim, spandeks dan berwarna gelap agar dapat melindungi kulit lebih efektif.

3. Membatasi Paparan Sinar Matahari

Cara Melindungi Kulit Selain Pakai Sunscreen (via Lifestyle Kompas)

Perlu diketahui bahwa kulit dapat mengalami kerusakan meski hanya terpapar sinar matahari selama 15 menit. Dan efeknya akan terasa setelah 12 jam. Karena itu, agar kulitmu tetap terlindungi meski tanpa sunscreen, sebaiknya batasi paparan sinar matahari. Misalnya, tentukan durasi lama kamu berada di luar rumah, yakni pada pukul 10.00-14.00 WIB saat matahari sedang panas-panasnya.

Nah, sekarang sudah tahu kan bagaimana cara melindungi kulit selain pakai sunscreen. Jadi nggak perlu bingung lagi ya.

Cara Melindungi Kulit Selain Pakai Sunscreen (via Cantika)