Jangan Asal Beli! Ini Pentingnya Sertifikasi Halal Pada Produk Makeup yang Wajib Dipahami

Kamu harus mengetahui pentingnya sertifikasi halal pada produk makeup yang sedang kamu gunakan agar lebih aman dan nyaman.

Bagi sebagian perempuan, tampil cantik dengan makeup adalah hal yang penting. Karena dengan begitu, mereka akan lebih percaya diri. Tapi jangan lupa pentingnya sertifikasi halal pada produk makeup yang sedang kamu gunakan.

Mungkin bagi sebagian orang logo halal pada produk makeup bukanlah hal penting yang harus ada. Padahal kehalalan suatu produk amatlah penting, agar hati lebih tenang dan yakin saat memakainya. Kalau kamu masih bingung kenapa produk makeup wajib berseritifkasi halal, yuk cek penjelesannya berikut ini seperti dikutip dari laman resmi MUI.

1. Dijamin Aman dan Halal

Adanya sertifikasi halal pada produk makeup dapat membuat konsumen menjadi lebih yakin dan percaya akan keamanan produk tersebut, terutama konsumen muslim. Selain itu, dengan adanya sertifikasi halal maka produk tersebut sudah dijamin dibuat dari bahan-bahan yang halal dan tentu saja tidak membahayakan kulit dan tubuh manusia. Pasalnya, proses pengujian dilakukan secara menyeluruh untuk memastikan bahwa bahan-bahan tersebut tidak membawa keburukan jika digunakan manusia.

2. Memenuhi Kebutuhan Muslimah

Pentingnya Sertifikasi Halal Pada Produk Makeup (via Beautynesia)

Menggunakan produk yang halal merupakan aturan wajib dalam islam. Karena itu menggunakan produk makeup juga nggak boleh sembarangan. Kandungan halal dan haramnya harus diketahui secara jelas, bukan hanya soal mematuhi syariah namun juga untuk kebaikan tubuh pengguna.

Dengan adanya sertifikasi halal maka para muslimah di Indonesia tidak perlu khawatir lagi akan kehalalan suatu produk, karena hal ini sudah jelas sertifikasinya. Penggunaannya pun juga lebih nyaman dan tak khawatir efeknya di kemudian hari.

3. Dapat Dipertanggungjawabkan

Pentingnya Sertifikasi Halal Pada Produk Makeup (via Dream)

Lebih dari sekedar label, sertifikasi halal tidak bisa sembarangan digunakan karena harus melalui pengujian ketat. Dengan kata lain, setiap produk makeup yang sudah bersertifikasi halal tentu saja sudah melalui pengujian sampel produk, sehingga bahan-bahan yang digunakan untuk membuat kosmetik tersebut dipastikan telah memenuhi syarat dan bisa dipertanggungjawabkan.

4. Mematuhi Aturan Pemerintah

Pentingnya Sertifikasi Halal Pada Produk Makeup (via Pinhome)

Indonesia merupakan negara yang penduduknya mayoritas beragama islam. Karena itu, semua produk yang dijual di pasaran haruslah memiliki sertifikasi halal. Hal tersebut tertuang dalam Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal. Karena itu, mendaftarkan produk untuk mendapatkan sertifikasi halal adalah salah satu upaya mematuhi aturan pemerintah yang berlaku.

Nah, sekarang sudah tahu kan apa saja alasan pentingnya sertifikasi halal pada produk makeup. Jadi jangan beli sembarang produk lagi. Karena yang produk yang halal selalu bikin tenang, jadi jangan lupa bertindak lebih selektif ya!

 

Pentingnya Sertifikasi Halal Pada Produk Makeup (via Dream)