4 Cara Menjadi Orang yang Konsisten agar Tujuanmu Cepat Tercapai

Menjadi orang yang konsisten akan memberikan banyak keuntungan, salah satunya membuatmu lebih mudah mencapai tujuan. Bagaimana caranya?

Menjadi orang yang konsisten akan memberikan banyak keuntungan, salah satunya membuatmu lebih mudah mencapai tujuan dan kesuksesan. Meski demikian, harus diakui bahwa sikap ini bukan hal yang mudah diterapkan.

Karena itu, untuk mencapai kualitas hidup yang lebih baik, setiap orang harus tahu cara menjadi orang yang konsisten untuk mencapai goals dalam hidup. Sebab ketika kamu bersikap ajeg dalam menjalani sesuatu, maka tujuan akan cepat tercapai. Lantas, bagaimana sih cara menjadi orang yang konsisten? Merangkum dari berbagai berikut ini tipsnya:

1. Buat Komitmen Pada Diri Sendiri

Untuk menjadi orang yang konsisten kamu harus membuat komitmen pada dirimu sendiri untuk menyelesaikan goals dalam hidupmu. Mengutip Fimela, seorang psikoterapis, Dr. Laura F Dabney menyebutkan bahwa orang-orang yang berbicara dengan dirinya sendiri umumnya dapat keluar dari masa-masa sulit.

Karena itu, yakinkan dirimu sendiri bahwa kamu bisa mencapai tujuanmu. Dengan begitu, tanda sadar kamu akan bersikap konsisten hingga tujuanmu tercapai. Komitmen yang kuat akan membuatmu tetap teguh walaupun ada banyak rintangan dan godaan menyerang.

2. Jangan Lakukan Hal Secara Berlebihan

Menjadi Orang yang Konsisten (via Dinas Kesehatan Provinsi Papua Barat)

Meski ini berhubungan dengan tujuan hidupmu, namun alangkah lebih baiknya jika kamu tidak memaksakan diri. Lakukan sesuatu secukupnya saja. Karena melakukan sesuatu secara berlebihan akan membuat cepat bosan dan menjadikan niatmu untuk meraih tujuan menjadi goyah. Lakukan sesuatu secukupnya, asal konsisten dilakukan setiap hari. Dengan begitu kamu akan lebih fokus.

3. Bertanggung Jawab Pada Diri Sendiri

Menjadi Orang yang Konsisten (via Blog Pintarnya)

Tahu nggak sih kalau bertanggung jawab pada orang lain itu lebih mudah daripada bertanggung jawab pada diri sendiri? Sebab hanya dirimu sendiri yang tahu tentang komitmen yang kamu jalani. Karena itu, belajarlah untuk bertanggung jawab pada apa yang telah kamu janjikan pada diri sendiri. Dengan begitu, akan tercipta kebiasaan konsisten itu sendiri secara alami dan tanpa paksaan dari orang lain.

4. Jangan Menyerah Meski Melakukan Kesalahan

Menjadi Orang yang Konsisten (via Satu Harapan)

Terkadang hidup tidak selalu sejalan dengan rencana. Karena itu wajar jika terjadi sedikit kesalahan saat kamu mengerjar tujuanmu. Namun jangan berhenti melangkah ketika kamu melakukan kesalahan. Alih-alih menyerah, perbaiki kesalahan tersebut dan lanjutkan langkahmu mengejar tujuan. Selain itu, teruslah berpikir positif agar semuanya menjadi semakin baik.

Mungkin menjadi orang konsisten bukan hal mudah, namun kalau tidak dicoba maka kamu nggak akan tahu apakah kamu bisa atau tidak. Tetap semangat ya dan ingat bahwa kesuksesan hidup hanya bisa dicapai dengan ketekunan dan kerja keras yang berkelanjutan.

Menjadi Orang yang Konsisten (via IDN Times)