Jangan Dilanggar! Ini 6 Larangan Saat Mendaki Gunung

Para pendaki wajib mengingat bahwa ada sejumlah larangan saat mendaki gunung dan tidak boleh dilanggar demi keselamatan bersama.

Bagi sebagian orang, mendaki gunung adalah kegiatan yang menantang dan menyenangkan. Tapi perlu diingat kalau ada sejumlah larangan saat mendaki gunung yang tidak boleh dilanggar oleh para pendaki demi keselamatan bersama. Nah, buat kamu yang hobi hiking tapi belum tahu apa saja larangan yang wajib dipatuhi, yuk simak daftarnya berikut ini.

1. Jangan Menyalakan Api Unggun Sembarangan

Saat mendaki gunung, menyalakan api unggun adalah hal wajar. Namun kamu tidak boleh sembarangan menyalakan api unggun. Nyalakan api unggun saat benar-benar butuh saja. Misalnya ketika kedinginan atau sedang mengusir hewan buas. Hal tersebut bertujuan untuk meminimalkan risiko kebakaran hutan. Untuk memasak sebaiknya gunakan kompor gunung yang mudah dibawa.

2. Jangan Terpisah dari Rombongan

Larangan Saat Mendaki Gunung (via Detik Travel)

Saat mendaki gunung pastikan kamu selalu bersama rombongan. Jika kamu terpisah, maka akan rawan tersesat. Setidaknya jarak antar rombongan tidak terlalu jauh agar mudah untuk mengecek anggota satu sama lain.

3. Jangan Memotong Jalur Pendakian

Larangan Saat Mendaki Gunung (via Travel Kompas)

Mungkin buat kamu memotong jalur pendakian akan mempersingkat waktu. Namun sebaiknya ikuti rute pendakian yang telah ditentukan. Hal ini bertujuan agar kamu tidak tersesat dan lebih aman.

4. Jangan Abaikan Himbauan Petugas

Larangan Saat Mendaki Gunung (via Torang Pe Berita)

Saat mendaki gunung, biasanya akan ada himbauan dari petugas di sana. Himbauan tersebut disampaikan demi keselamatan para pendaki. Karena itu, jangan pernah abaikan himbauan tersebut jika kamu ingin selamat sampai tujuan.

5. Jangan Beristirahat Terlalu Lama

Larangan Saat Mendaki Gunung (via Antaranews)

Beristirahat di jalur pendakian karena merasa kelelahan saat mendaki tentu diperbolehkan. Namun jangan terlalu lama ya, terlebih saat malam hari. Sebab hal tersebut akan membuat suhu tubuh turun dan sulit stabil. Beristirahatlah secukupnya saja.

6. Jangan Mengambil Apapun

Larangan Saat Mendaki Gunung (via Mounture)

Larangan terakhir yang wajib dipatuhi adalah jangan mengambil apapun saat mendaki. Karena hal tersebut termasuk tindakan yang tidak baik dan tidak bertanggung jawab. Jika kamu mencintai alam, sebaiknya jaga baik-baik dan jangan sampai merusaknya.

Nah, itu tadi beberapa larangan saat mendaki gunung. Patuhi semua aturan agar kegiatan mendaki aman dan menyenangkan.

Larangan Saat Mendaki Gunung (via Phinemo)