5 Cara Mengatasi Kecemasan Saat Interview Kerja

Bagaimana cara mengatasi kecemasan saat interview kerja agar kamu lancar dalam menjawab semua pertanyaan. Simak ulasan berikut ini!

Merasa cemas saat wawancara kerja adalah hal wajar. Sebab hal tersebut adalah penentuan apakah kamu bisa diterima atau tidak. Karena itu, kamu wajib tahu cara mengatasi kecemasan saat interview kerja agar kamu menjadi lebih tenang dan bisa menjawab semua pertanyaan.

Meski demikian, tak bisa dipungkiri bahwa mengatasi rasa cemas memang tak selalu mudah. Nah, kalau besok kamu akan menghadapi interview kerja, coba beberapa tips berikut ini agar kamu lebih tenang dan jauh dari rasa grogi.

1. Jangan Konsumsi Sembarang Makanan

Tahu nggak sih kalau makanan yang kamu konsumsi bisa mempengaruhi perasaanmu saat beraktivitas? Maka dari itu, sebelum interview kerja sebaiknya konsumsi makanan sehat dan banyak minum air putih.

Sebaiknya kamu tidak mengonsumsi makanan olahan berat karena bisa membuatmu cepat mengantuk. Selain itu, hindari minuman berkafein. Pasalnya, sebagaimana dilansir dari Healthline, minuman seperti kopi dan teh bisa memberikan efek mirip dengan kecemasan akibat detak jantung meningkat. Selain itu, minuman ini juga mengandung zat kimia yang bisa mempercepat rasa lelah.

2. Siapkan Semua Benda yang Dibutuhkan

Cara Mengatasi Kecemasan Saat Interview Kerja (via Beautynesia)

Mempersiapkan segala kebutuhan saat interview adalah cara lain untuk mengatasi kecemasan saat wawancara. Siapkan alat tulis dan berkas penting lainnya agar kamu jadi lebih yakin serta tidak perlu cemas memikirkan hal sepele yang bisa memecah konsentrasi. Karenanya, sebaiknya kamu mempersiapkan semuanya lebih awal agar tidak terburu-buru dan membuat semua malah jadi kacau.

3. Stop Overthinking

Cara Mengatasi Kecemasan Saat Interview Kerja (via Majoo)

Rasa cemas di awal akan semakin parah jika kamu overthinking. Bahkan hal menyeramkan yang belum tentu terjadi bisa kamu bayangkan dan membuatmu semakin gugup. Maka dari itu, buang jauh pikiran negatif dan segera ganti dengan pikiran positif yang bisa membangun semangat, keberanian, dan membuat lebih percaya diri.

4. Pilih Pakaian yang Nyaman

Cara Mengatasi Kecemasan Saat Interview Kerja (via Alodokter)

Memilih pakaian yang nyaman saat wawancara itu penting. Dengan begitu, kamu akan merasa lebih percaya diri saat datang. Pakaian yang terlalu sempit atau kedodoran akan membuatmu semakin overthinking dan cemas. Tapi ingat, pakaian yang dikenakan tetap harus sopan ya.

5. Dalami Profil Perusahaan

Cara Mengatasi Kecemasan Saat Interview Kerja (via Marsha Beauty)

Sebelum interview kerja, pastikan kamu sudah melakukan research tentang perusahaan tempat kamu akan diwawancara. Karena kamu pasti akan diberi pertanyaan seputar pekerjaan dan perusahaan tersebut. Kalau kamu tahu lebih banyak tentang perusahaan tersebut, peluang diterima akan lebih besar.

Nah, itu tadi beberapa cara mengatasi kecemasan saat interview kerja. Poin penting yang harus diperhatikan adalah kamu harus mempersiapkan diri dengan baik dan memberi sugesti positif pada diri sendiri. Jangan lupa berdoa ya!

Cara Mengatasi Kecemasan Saat Interview Kerja (via Kamarupa)