5 Aneka Kue Natal dari Berbagai Penjuru Dunia, Bikin Ngiler Cuy!

Yuk siapkan kue Natal. Sebentar lagi datang, lho. Kalo kamu belum menyiapkan aneka cemilan kering, coba deh baca artikel di bawah.

Beberapa hari lagi, Hari Raya Natal datang. Sudahkah kamu menyiapkan aneka cemilan kering yang biasa disuguhkan di ruang keluarga?

Berbicara tentang jajanan, kalo hari Natal, ada jenis-jenis cemilan yang selalu ada. Seperti ketupat untuk lebaran, begitupula dengan kue natal.

FYI, ini loh 5 kue natal ciri khas dari berbagai negara. Langsung scrolling aja kuy.

Kue natal (schwartz.co.uk)

Kue Lampulampu - Manado

Kue natal khas Indonesia, nih. Kue ini bakal berasal dari daerah Manado. Dibuatnya dari tepung beras lalu dicampur gula merah dan santan.

Nah, santannya ini dicampur dengan perasan air daun suji. Kue basah asli Manado ini cocok banget kalo dimakan sebagai hidangan penutup dari perayaan Natal.

Kue natal (visiteiffel.com)

Speculaas - Belanda

Di Belanda, perayaan Natal kurang komplit tanpa adanya biskuit speculaas. Bahan pembuatannya mudah, cukup menggunakan bumbu spekkoek dan gula palem.

Rasanya manis serta memiliki tekstur renyah. Kue ini biasanya disajikan saat kumpul keluarga.

Kue natal (tasteofhome.com)

Gingerbread dan Stollen - Jerman

Gingerbread dibuat dengan bahan baku spekuk. Atau, bisa juga dari kayu manis bubuk, bunga pala bubuk, cengkih bubuk dan kapulaga bubuk.

Kue natal (onceuponachef.com)

Untuk stollen, bentuknya mirip dengan kue Panettone. Hanya mirip lho, karena kui ini dibuat dari adonan roti lalu diberikan campuran manisan buah, kacang almon dan lemon.

Kue natal (cateinthekitchen.co.uk)

Yule Log - Perancis

Setiap Natal, masyarakat Perancis memiliki tradisi untuk membuat kue tradisional yang disebut Yule Loh. Setelah itu, kue natal ini pun akan dibagikan kepada tetangga atau saudara.

Bentuknya mirip dengan tungku kayu. Ternyata, hal itu memiliki makna, lho. Yakni untuk mengingatkan bahwa kayu adalah bahan utama untuk tungku perapian pada Hari Raya Natal.

Biasanya, Natal berlangsung di Perancis pada musim salju. Dan di musim ini, setiap rumah akan selalu menyediakan kayu dalam jumlah besar untuk menjaga suhu tetap hangat.

Kue natal (tasteofhome.com)

Kue Strawberi - Jepang

Kalo di negara asal Pokemon dan berbagai anime lain ini, setiap Natal selalu membuat kue strawberi. Kue ini adalah kue tradisional Jepang yang khusus dibuat untuk merayakan hari Natal.

Kue natal (yummyeasycooking.blogspot.com)

Panettone - Italia

Negara ini gak cuma dikenal dengan spaghetti atau pizza aja. Setiap tahunnya, pada hari Natal, masyarakat Italia akan membuat kue Panettone lalu menjadikannya sebagai hidangan utama.

Selain itu, saking bangganya masyarakat dengan kue ini, Panettone juga dijadikan sebagai lambang dari kota Milan, lho.

Dari kelima kue Natal di atas, adakah dari kalian yang sudah pernah mencicipi? Atau, kalian juga bisa lho berbagi jenis kue khas utuk merayakan Natal dari daerah masing-masing. Kalo bisa, lengkapi juga dengan cara pembuatannya, ya.

Kue natal (melaniecooks.com)