Jangan Sembarangan, Begini Tips Memilih Pelembab untuk Kulit Berminyak

Memilih pelembab untuk kulit berminyak memang tidak mudah. Namun kamu bisa melakukan tips ini agar hasilnya efektif.

Memilih pelembab untuk kulit berminyak memang tidak mudah. Sebab kulit berminyak lebih rentan mengalami jerawat, sehingga salah pilih pelembab bisa berdampak buruk pada kulit. Karena itu kamu harus berhati-hati ya.

Sebagai informasi, pelembab merupakan salah satu produk perawatan kulit wajah yang bertugas untuk menghidrasi kulit. Karena itu, semua jenis kulit memerlukan pelembab, hanya saja kandungannya yang berbeda. Nah, agar kamu nggak salah memilih pelembab untuk kulit berminyak , yuk ikuti beberapa tips berikut ini.

1. Pelembab Berbahan Dasar Air

Untuk wajah berminyak kamu memerlukan pelembab dengan bahan dasar air. Jika kamu bingung, kamu bisa memilih produk moisturizer berbentuk lotion dan gel yang umumnya mengandung lebih banyak air. Pelembab jenis ini biasanya terasa lebih ringan dan nyaman untuk kulit berminyak serta membantu mengontrolnya dari sebum yang berlebihan.

2. Non-comedogenic

Tips Memilih Pelembab untuk Kulit Berminyak (via Indozone Beauty)

Tips kedua, kamu harus memilih pelemban yang bersifat non-comedogenic. Pelembab jenis ini akan menghindarkan kamu dari minyak berlebih, sehingga tidak memicu jerawat dan komedo pada wajah. Produk non-comedogenic biasanya mengandung beberapa bahan seperti sunflower oil, jojoba oil, argan oil, apricot oil, dan beberapa lainnya.

3. Mengandung Retinoid

Tips Memilih Pelembab untuk Kulit Berminyak (via Tribunnews)

Selanjutnya kamu bisa memilih pelembab yang mengandung asam retinoid. Sebab asam retinoid mampu mengatasi minyak yang tersumbat di dalam pori, sekaligus mencegah jerawat dan komedo bermunculan.

Namun jangan gunakan terlalu sering ya. Pelembab dengan kandungan asam retinoid hanya boleh digunakan saat malam hari. Selain itu penggunaannya pada ibu hamil dan menyusui tidak disarankan karena dikhawatirkan bisa menyebabkan kecacatan pada bayi.

4. Mengandung Asam Salisilat dan Asam Glikolat

Tips Memilih Pelembab untuk Kulit Berminyak (via Sociolla)

Selain mengandung asam retinoid, kamu juga harus memilih pelembab dengan kandungan asam salisilat dan asam glikolat yang diklaim dapat mengatasi minyak berlebih pada wajah serta membantu mengatasi peradangan pada permukaan kulit. Jadi nggak takut muncul jerawat deh.

5. Mengandung Sodium Hialuronat

Tips Memilih Pelembab untuk Kulit Berminyak (via Hotelier)

Tips selanjutnya, pilih pelembab dengan kandungan sodium hialuronat. Kandungan ini disebut sangat baik dalam menjaga kelembaban kulit dan membersihkan kulit dari minyak berlebih serta mengontrol produksinya agar tidak berlebihan. Cocok banget kan untuk kulit wajah kamu yang berminyak?

Nah, itu tadi beberapa tips memilih pelembab untuk kulit berminyak yang bisa kamu lakukan. Dengan demikian, rutinitas skincare kamu tidak sia-sia dan bisa memberikan hasil efektif. Jangan sampai salah pilih lagi ya, agar produksi minyak di wajah kamu tidak semakin bertambah. Selamat mencoba!

Tips Memilih Pelembab untuk Kulit Berminyak (via Bogor Daily)