Belum Banyak yang Tahu, Ternyata Ini 3 Fakta Unik Suku Mante

Indonesia memiliki beragam suku salah satunya yaitu Suku Mante. Suku asli dari Aceh yang hingga saat ini masih menjadi misteri.

Indonesia memang memiliki beragam budaya dan juga suku, salah satunya adalah suku mante. Suku ini merupakan suku asli dari Aceh yang saat ini masih menjadi misteri. Bahkan ada Fakta unik Suku Mante yang belum banyak diketahui.

Suku Mante adalah kelompok masyarakat yang hidup dari hutan ke hutan di pegunungan Aceh Tenggara, Aceh Tengah, dan daerah Pidie sekitar Tangse. Nah, kalau kamu penasaran dengan Suku Mante. Berikut ini beberapa fakta unik yang belum banyak orang tahu.

Asal-usul Suku Mante

Menurut sejarah, suku Mance merupakan awal permulaan munculnya rakyat Aceh yang diketahui hingga sekarang ini. Konon, Mante merupakan nenek moyang orang Aceh, sekelas dengan Suku Lanun, Senoi, Jakun, Sakai, dan juga Semang yang ada di Aceh. Semua suku tersebut adalah keturunan dari Melayu Proto.

Suku Mante diklaim sudah ada sejak zaman kerajaan Aceh, bahkan masih satu garis keturunan dengan suku Melayu. Namun Suku Mante dianggap sebagai manusia purba karena keberadaannya yang hampir tak terlihat beratus tahun lamanya, bahkan dianggap punah.

Suku Mante (via TheMoonDoggies)

Ciri Fisik Suku Mante

Orang-orang Suku Mante berbeda dengan manusia kebanyakan. Mereka memiliki tubuh kerdil. Tinggi badan mereka diperkirakan hanya sekitar satu meter. Orang-orang Suku Mante juga diklaim memiliki kulit berwarna cokelat, dengan rambut lurus yang panjangnya hingga punggung.

Suku ini dikenal lincah dan gesit saat berlari. Biasanya orang-orang Suku Mante melakukan aktivitas sehari-hari dalam kondisi telanjang. Wow! Benar-benar tahan cuaca ya!

Suku Mante (via Tribun Manado)

Tempat Tinggal Suku Mante

Orang-orang Suku Mante bertahan hidup di kawasan hutan. Mereka berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lainnya. Orang-orang Suku Mante biasanya tinggal di dalam gua dan memakan apa saja yang ada di alam. Gua tempat tinggal suku Mante adalah Gua Beye, Jambur Atang, Jambur Ketibung, Jambur Ratu dan Jambur Simpang.

Nah, sekarang sudah tahu kan fakta unik Suku Mante yang belum banyak diketahui banyak orang. Ternyata ada banyak sekali keanekaragaman unik di Tanah Air kita ya! Tertarik mencari tahu keberadaan Suku Mante?

Suku Mante (via Quora)