Samarkan Kerutan Hingga Cegah Munculnya Jerawat, Ini 5 Manfaat Retinol untuk Kulit

Retinol merupakan zat turunan vitamin A yang dikenal efektif menghambat munculnya tanda-tanda penuaan. Apa lagi manfaat retinol untuk kecantikan?

Banyaknya manfaat retinol untuk kulit, membuat zat yang satu ini jadi banyak diburu. Retinol merupakan zat turunan vitamin A yang dikenal efektif menghambat munculnya tanda-tanda penuaan. Jadi enggak heran kalau skincare dengan kandungan retinol banyak dicari saat ini.

Di pasaran, kamu dapat menjumpai retinol dengan dosis rendah dalam berbagai jenis dan merek produk skincare, seperti produk serum, toner, atau pelembab. Kalau kamu masih belum paham betul apa saja manfaat retinol sehingga produk dengan kandungan retinol laris manis di pasaran. Berikut ini penjelasannya!

1. Bikin Awet Muda

Seperti yang sudah dikatakan di awal, bahwa retinol mampu menghambat proses penuaan kulit. Hal ini disebabkan karena retinol mampu memelihara fungsi lapisan kulit terluar kulit sebagai pelindung tubuh, menjaga agar kulit tetap terhidrasi, dan mencegah penurunan produksi kolagen.

2. Memperbaiki Tekstur Kulit

Manfaat Retinol (via Okezone)

Selanjutnya retinol dapat memberikan efek pengelupasan yang baik untuk proses regenerasi kulit. Dengan begitu, tekstur lapisan kulit yang baru akan lebih lembut. Meski demikian, hati-hati jika kamu memiliki masalah kulit tertentu karena penggunaan retinol bisa saja memperburuk kondisi.

3. Meningkatkan Elastisitas Kulit

Manfaat Retinol (via Berkeluarga)

Selain dua manfaat yang sudah disebutkan tadi, retinol juga baik untuk meningkatkan elastisitas kulit karena dapat meningkatkan ketebalan epidermis dan merangsang produksi kolagen pada kulit wajah. Jadi kulit wajah enggak gampang kering dan selalu kenyal.

4. Memudarkan Bintik Hitam

Manfaat Retinol (via Merdeka)

Bintik hitam muncul akibat paparan sinar matahari yang berlebih. Nah, dengan menggunakan retinol maka dapat membantu memudarkan bintik hitam dan memperbaiki kerusakan kulit.

Tidak hanya itu, retinol juga bisa bantu mengatasi hiperpigmentasi kulit yang membuat warna kulit jadi tidak merata.

5. Mencegah Munculnya Jerawat

Manfaat Retinol (via BukaReview)

Terakhir, agen komedolitik dalam retinol mampu membuat zat ini bermanfaat cegah pembentukan komedo dan jerawat yang membandel. Tidak hanya itu, pemakaian retinol bisa digunakan untuk mencegah bekas jerawat menjadi semakin parah.

Nah, itu tadi 5 manfaat retinol untuk kulit yang wajib kamu tahu untuk menghindari tanda-tanda penuaan dini. Wajib coba ya. Meski demikian, perlu diingat bahwa bahan skincare ini mungkin kurang aman untuk ibu hamil, menyusui, atau mereka yang memiliki masalah kulit sensitif.

Manfaat Retinol (via BukaReview)