Ingat Baik-baik! Ini 4 Benda yang Enggak Boleh Masuk Bagasi Pesawat

Ada beberapa benda yang enggak boleh masuk dalam bagasi apalagi kamu bawa serta ke bagasi kabin pesawat. Apa saja?

Tidak seperti saat naik kendaraan umum lainnya, ketika naik pesawat aturan membawa barang bawaan pun lebih ketat. Ada beberapa benda yang enggak boleh masuk dalam bagasi apalagi kamu bawa serta ke bagasi kabin pesawat. Jadi sebelum terbang, coba kamu cek dan pastikan kamu tak membawa beberapa barang berikut ini:

1. Benda Tajam

Benda pertama yang enggak boleh masuk bagasi pesawat adalah benda tajam, seperti pemecah es, pedang, pisau, golok, silet, hingga gunting dengan panjang 10 cm. Benda-benda tersebut sebaiknya kamu simpan di rumah ya, karena akan membuat masalah kalau sampai dibawa dalam penerbangan. Meski demikian, pisau plastik atau pisau mentega dengan mata yang enggak tajam atau bundar masih diperbolehkan untuk dibawa.

2. Senjata Api

Benda yang Tidak Boleh Masuk Bagasi Pesawat (via IDN Times)

Mungkin bagi kamu senjata api penting dibawa untuk berjaga-jaga. Namun sayangnya benda ini enggak boleh masuk dalam bagasi pesawat ya! Enggak hanya itu, suar dan bubuk mesiu juga enggak boleh dibawa dalam bagasi.

3. Alat-alat untuk Seni Bela Diri

Benda yang Tidak Boleh Masuk Bagasi Pesawat (via Tirto)

Selain benda tajam dan senjata api, kamu juga enggak boleh bawa alat-alat untuk seni bela diri. Namun beberapa alat masih bisa dibawa dalam bagasi terdaftar seperti gada, pepper spray, kunai, night sticks, stun guns, brass knuckles, dan billy clubs dengan syarat dipasangi alat pengaman.

4. Benda Cair yang Mudah Terbakar

Benda yang Tidak Boleh Masuk Bagasi Pesawat (via One Championship)

Kamu juga enggak boleh menyimpan benda cair yang mudah terbakar dalam bagasi pesawat. Hal ini bertujuan untuk keselamatan semua penumpang selama penerbangan. Jadi jangan coba-coba membawanya ya. Meski kamu simpan dalam wadah tertutup rapat, pihak bandara pasti akan tetap membongkarnya.

Nah, sekarang sudah tahu kan benda apa yang enggak boleh masuk bagasi pesawat. Jangan sampai lupa ya, kalau perlu catat agar penerbangan kamu tidak bermasalah. Selamat bepergian dengan pesawat!

Benda yang Tidak Boleh Masuk Bagasi Pesawat (via Grid)