5 Manfaat Kecombrang untuk Kesehatan

Tidak hanya digunakan sebagai bahan penyedap masakan, ternyata ada banyak sekali manfaat kecombrang karena mengandung berbagai zat aktif.

Bunga kecombrang yang juga dikenal dengan nama lain bunga honje, ternyata mempunyai manfaat yang sangat banyak. Salah satu manfaat kecombrang ini adalah dapat digunakan dalam masakan tradisional di Asia Tenggara, terutama di Indonesia, sebagai bahan penyedap makanan dan bumbu.

Selain memberikan rasa yang khas pada hidangan, kecombrang juga mengandung berbagai zat aktif yang bermanfaat untuk kesehatan. Siapa yang suka mengonsumsi kecombrang? Mari kenali manfaat apa saja yang bisa didapat dari mengonsumsi kecombrang.

1. Mencegah Penyakit Kronis

Kecombrang mengandung senyawa-senyawa antioksidan seperti flavonoid dan polifenol. Antioksidan membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas yang dihasilkan oleh polusi, radiasi, dan stres oksidatif. Mengonsumsi kecombrang secara teratur dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi risiko berbagai penyakit degeneratif, termasuk kanker, penyakit jantung, dan penuaan dini.

2. Mencegah Peradangan

Manfaat Kecombrang untuk Kesehatan (via Cookpad)

Manfaat kecombrang berikutnya adalah dapat mencegah peradangan karena kecombrang memiliki sifat antiinflamasi. Peradangan kronis dikaitkan dengan berbagai penyakit, seperti arthritis, diabetes tipe 2, dan penyakit jantung. Dengan mengonsumsi kecombrang, risiko peradangan dan mencegah perkembangan penyakit-penyakit tersebut dapat dikurangi.

3. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Manfaat Kecombrang untuk Kesehatan (via Kecipir)

Kecombrang juga diketahui memiliki efek hipotensif, yang berarti dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Senyawa yang terkandung dalam kecombrang dapat membantu melonggarkan pembuluh darah dan meningkatkan sirkulasi darah. Hal ini memberikan manfaat kesehatan bagi penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi, serta dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung dan stroke.

4. Menjaga Fungsi Pencernaan

Manfaat Kecombrang untuk Kesehatan (via Shopee)

Kecombrang kaya akan kandungan nutrisi penting seperti vitamin C, vitamin A, vitamin B kompleks, kalsium, dan zat besi. Nutrisi-nutrisi ini penting untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Selain itu, kecombrang juga mengandung serat yang berperan penting dalam menjaga kesehatan pencernaan, mencegah sembelit, dan mengurangi risiko penyakit usus besar.

5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat Kecombrang untuk Kesehatan (via PARBOABOA)

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa kecombrang memiliki efek antimikroba yang berarti dapat membantu melawan pertumbuhan bakteri, virus, dan jamur. Senyawa aktif dalam kecombrang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari infeksi dan penyakit yang disebabkan oleh mikroorganisme patogen.

Meskipun manfaat kecombrang bagi kesehatan sangat banyak, penting untuk diingat bahwa setiap individu dapat merespons dengan cara yang berbeda terhadap bahan makanan tertentu. Jika kamu memiliki kondisi medis tertentu atau sensitivitas makanan, sebaiknya berkonsultasi dengan profesional kesehatan sebelum menambahkan kecombrang dalam menu harian.

 

Manfaat Kecombrang untuk Kesehatan (via cookpad)