5 Kesalahan Menggunakan Vacuum Cleaner yang Sering Banget Kamu Lakukan, Stop Sekarang Juga!

Sebaiknya hindari kesalahan menggunakan vacuum cleaner dalam penggunaan sehari-hari agar alat pembersih ini dapat awet digunakan. Berikut tipsnya!

Sebaiknya hindari kesalahan menggunakan vacuum cleaner dalam penggunaan sehari-hari agar alat pembersih ini dapat awet digunakan. Jika digunakan dengan benar, vacuum cleaner dapat membantu memudahkan urusan membersihkan rumah dalam waktu lama.

Selain itu, karena harganya juga tidak murah, maka sebaiknya menjaga kondisi alat agar usia pakainya dapat bertahan lama, kan? Karena itu, sebaiknya hindari kesalahan-kesalahan menggunakan vacuum cleaner berikut ini:

1. Mengisap Benda Keras

Vacuum cleaner berfungsi membersihkan dengan cara mengisap debu dan kotoran sehingga kotoran tidak lagi beterbangan. Meskipun begitu, vacuum cleaner tidak bisa digunakan untuk mengisap benda-benda keras dan berukuran besar batu, pasir, dan pecahan kaca. Benda keras seperti ini dapat menyebabkan kerusakan pada bagian mesin, tak jarang juga tersangkut di area yang sulit dilepas.

Untuk menghindarinya, bersihkan dulu area menggunakan sapu. Bersihkan juga area sudut karena vacuum cleaner tidak mampu menjangkau sudut ruangan. Setelah itu baru gunakan vacuum cleaner untuk membersihkan debu dan kotoran agar ruangan bersih sempurna.

2. Menyedot Debu Terlalu Cepat

Kesalahan Menggunakan Vacuum Cleaner (via Rukita)

Kesalahan menggunakan vacuum cleaner selanjutnya adalah menggerakkan vacuum terlalu cepat. Menyedot debu terlalu cepat akan membuat debu dan kotoran tidak terangkat seluruhnya. Pastikan kamu menggerakkan penyedot debu perlahan dan ulangi beberapa kali agar dapat menghilangkan debu dan alergen sepenuhnya. Cara ini memungkinkan mesin untuk menyedot kotoran dan debu tanpa sisa.

3. Mengisap Cairan

Kesalahan Menggunakan Vacuum Cleaner (via BP Guide)

Ada beberapa macam jenis vacuum cleaner, ada yang hanya dapat mengisap kotoran yang kering, namun ada juga yang berfungsi mengangkat kotoran berupa debu dan cairan. Gunakan vacuum cleaner sesuai fungsinya. Jangan gunakan vacuum cleaner kering untuk menyedot cairan seperti tumpahan air, kecap dan sebagainya karena akan merusak mesin dan mengakibatkan arus pendek listrik.

4. Tidak Membuang Kotoran di Wadah Pengisap Debu

Kesalahan Menggunakan Vacuum Cleaner (via mybest)

Setiap tempat penampung kotoran di vacuum cleaner memiliki tanda batas maksimal kotoran yang bisa ditampung. Segera buang dan bersihkan vacuum jika kotak penampungan sudah penuh. Jangan menggunakan vacuum cleaner yang terlalu penuh kotoran karena dapat membuat mesin mengalami overheat dan membuat daya isapnya menurun.

5. Tidak Membersihkan Filter

Kesalahan Menggunakan Vacuum Cleaner (via Kompasiana)

Selanjutnya kamu perlu membersihkan filter secara berkala. Membiarkan filter udara kotor akan menghambat aliran udara sehingga mengakibatkan vacuum cleaner kehilangan daya isap. Karena itu, bersihkan filter setiap minggu untuk pemakaian teratur. Jangan lupa juga untuk mengganti filter dengan yang baru setiap 3-6 bulan sekali. Untuk mengetahui tindakan pembersihan filter yang lebih tepat, sebaiknya periksa buku panduan penggunaan, ya.

5 kesalahan menggunakan vacuum cleaner di atas dapat menghambat kerja alat untuk mengisap kotoran secara maksimal. Jika terus dilakukan, alat mungkin akan rusak dan tidak dapat lagi digunakan.

Kesalahan Menggunakan Vacuum Cleaner (via In The Wash)