Enggak Cuma Picu Ledakan Septic Tank, Ini Sederet Bahaya Merokok di Kamar Mandi

Ada bahaya merokok saat buang air besar yang harus diperhatikan termasuk bisa memicu ledakan septic tank. Yuk simak ulasannya!

Kasus ledakan septic tank di Sulsel baru-baru ini memang cukup mengejutkan. Diduga, insiden ini terjadi karena korban menyalakan rokok saat buang air besar sehingga memicu ledakan. Hal ini belum dikonfirmasi, namun tetap memberikan pelajaran tentang pentingnya menjauhi rokok saat sedang berada di kamar mandi, terutama yang dekat dengan septic tank.

Lebih dari sekedar ledakan, merokok saat berada di kamar mandi dapat menimbulkan beberapa bahaya kesehatan. Berikut adalah beberapa alasan mengapa merokok saat BAB dapat mengancam keselamatan:

1. Risiko Kebakaran

Merokok melibatkan api dan bahan bakar (rokok), yang bisa menjadi bahaya jika ada percikan api yang masuk ke dalam lingkungan yang penuh dengan gas dan uap yang mudah terbakar seperti yang terdapat di dalam kamar mandi. Ini dapat menyebabkan kebakaran yang berbahaya dan merugikan baik bagi perokok maupun orang di sekitarnya.

2. Risiko Paparan Zat Berbahaya

Bahaya Merokok di Kamar Mandi (via Kota Administrasi Jakarta Pusat)

Aktivitas ini menghasilkan asap rokok yang mengandung lebih dari 7.000 bahan kimia, dan banyak di antaranya diketahui beracun dan karsinogenik (pemicu kanker). Jika merokok saat buang air besar di dalam kamar mandi, kamu akan terpapar langsung dengan asap rokok tersebut, yang dapat meningkatkan risiko masalah pernapasan, iritasi mata, dan masalah kesehatan lainnya.

3. Mengotori Bagian Tubuh dan Area Septic Tank

Bahaya Merokok di Kamar Mandi (via Blog Insan Medika)

Merokok saat buang air besar juga dapat mempengaruhi kebersihan pribadi. Asap rokok dapat menempel pada pakaian dan rambutmu, yang nantinya dapat menyebabkan bau yang tidak sedap. Selain itu, asap rokok juga dapat mengotori dan meninggalkan noda di area sekitar kamar mandi.

4. Meningkatkan Risiko Penularan Bahan Berbahaya

Bahaya Merokok di Kamar Mandi (via Rumah Yapeka)

Jika ada orang lain yang menggunakan kamar mandi setelah kamu merokok, mereka dapat terpapar dengan asap rokok yang telah tercampur dengan udara di dalam kamar mandi. Ini dapat berdampak negatif pada kesehatan mereka, terutama bagi mereka yang sensitif terhadap asap rokok atau memiliki masalah pernapasan.

Itulah beberapa alasan sebaiknya kamu tidak merokok saat buang air besar maupun melakukan aktivitas lain di area yang dekat dengan septic tank. Dalam rangka menjaga kesehatan diri sendiri dan orang lain, disarankan untuk menghindari aktivitas yang menimbulkan api dan asap saat BAB.

Lebih baik menunggu sampai selesai menggunakan kamar mandi dan keluar dari area tersebut sebelum merokok. Selain itu, penting juga untuk mempertimbangkan dampak kesehatan jangka panjang dari merokok dan mencari dukungan jika kamu ingin berhenti merokok sepenuhnya.

Bahaya Merokok di Kamar Mandi (via PramborsFM)