3 Museum Wayang di Indonesia yang Bikin Kamu Lebih Kenal Tentang Budaya Bangsa

Tahukah kamu Indonesia memiliki beberapa museum wayang yang terkenal? Yuk simak beberapa di antaranya!

Tahukah kamu Indonesia memiliki beberapa museum wayang yang terkenal? Semua pasti tahu kalau wayang adalah salah satu kesenian tradisional asli Indonesia yang berasal dari Jawa dan Bali. Bahkan kesenian yang satu ini ditetap sebagai warisan dunia oleh UNESCO.

Karenanya, nggak heran kalau banyak berdiri Museum Wayang di Indonesia untuk menjaga kelestariannya di tengah gempuran budaya global. Kalau kamu termasuk pecinta kesenian wayang atau ingin mengenal lebih dekat tentang kesenian satu ini. Yuk, berikut ini adalah beberapa museum di Indonesia yang bisa kamu kunjungi.

1. Museum Wayang Jakarta

Di urutan pertama ada Museum Wayang Jakarta yang terletak di Jalan Pintu Besar Utara Nomor 27, Jakarta Barat. Museum yang sudah berdiri sejak tahu 1975 ini, memiliki koleksi yang lengkap, seperti dari Wayang Kulit, Wayang Golek, Wayang Topeng, Wayang Kaca, dan Wayang Seng.

Tidak hanya menampilkan seni wayang, di museum ini kamu juga bisa melihat beraneka macam lukisan dan juga boneka dari berbagai negara, mulai dari India, Cina, Thailand, hingga Kamboja. Pastinya kamu bakal kagum dengan hasil karya manusia yang ditampilkan di sana.

Museum Wayang di Indonesia (via Ksmtour)

2. Museum Wayang Indonesia di Wonogiri

Selain di Jakarta, di Wonogiri juga terdapat Museum Wayang lho, yakni Museum Wayang Indonesia. Meseum yang terletak di Raya Wuryantoro, Ngebel, Wuryantoro, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah ini memiliki sekitar 400 wayang.

Koleksinya pun cukup lengkap, mulai dari Wayang Kulit Purwa, Wayang Beber, Wayang Golek, Wayang Bali, Wayang Klithik, Wayang Suket, Wayang Kumpeni, Wayang Topeng, dan Wayang Wahyu. Bahkan di museum yang sudah berdiri sejak tahun 2004 ini memiliki koleksti wayang tertua, yakni Wayang Semar yang konon dibuat pada tahun 1716.

Museum Wayang di Indonesia (via NativeIndonesia)

3. Museum Gubug Wayang

Terakhir ada Museum Gubug Wayang yang berada di Kota Mojokerto, Jawa Timur. Museum yang sudah ada sejak tahun 2015 ini memiliki koleksi berbagai jenis wayang, seperti Wayang Kulit, Wayang Golek, atau Wayang Potehi.

Yang unik dari museum ini, ada sejumlah karakter tokoh populer yang bisa kamu temukan dalam bentuk wayang. Mulai dari Lady Diana, Mahatma Gandhi sampai dengan Joko Widodo.

Nah, itu tadi beberapa museum wayang di Indonesia yang bisa membuat kamu lebih mengenal tentang budaya bangsa. Museum-museum ini bakal menambah wawasanmu tentang budaya lokal sehingga meningkatkan kecintaan pada Tanah Air. Tertarik berkunjung ke sana?

Museum Wayang di Indonesia (via IDN Times)