Mengenal Ciri-Ciri Miom, Sering Tak Bergejala Namun Perlu Diwaspadai

Ciri-ciri miom sangat beragam dan seringkali tidak menimbulkan gejala yang parah. Yuk simak ulasannya sebelum terlambat!

Miom adalah tumor jinak yang umumnya terjadi pada rahim wanita dan berpotensi mempengaruhi kesehatan organ reproduksi wanita, misalnya kesuburan hingga pola mentruasi. Ciri-ciri miom sendiri sangat beragam, tergantung pada kondisi tubuh dan seringkali tidak menimbulkan kondisi yang parah.

Meski sering tidak berbahaya, namun dalam beberapa kasus, miom dapat menyebabkan keluhan yang mengganggu dan memerlukan perhatian medis. Karenanya, akan lebih baik jika mengetahui gejalanya lebih awal sehingga bisa dilakukan penanganan yang tepat. Berikut ini beberapa ciri-ciri adanya miom yang perlu kamu ketahui.

1. Perubahan Pola Menstruasi

Salah satu ciri-ciri miom yang sering ditemui adalah perubahan pola menstruasi. Beberapa wanita dengan miom mengalami menstruasi yang lebih berat, dengan periode yang lebih lama dan lebih banyak darah yang keluar. Miom juga dapat menyebabkan nyeri saat menstruasi, kram perut yang parah, atau pendarahan di antara periode.

2. Nyeri Panggul

Ciri-Ciri Miom (via Ciputra Hospital)

Miom yang cukup besar atau terletak di dekat jaringan sensitif di sekitar rahim dapat menyebabkan nyeri panggul. Nyeri ini bisa bersifat konstan atau timbul secara periodik, terutama selama menstruasi. Rasa nyeri juga dapat menjalar ke punggung bagian bawah atau paha.

3. Perubahan pada Saluran Kemih

Ciri-Ciri Miom (via Hypeabis)

Jika miom menekan saluran kemih, gejala seperti sering buang air kecil, inkontinensia urin (tidak dapat mengendalikan buang air kecil), atau sulit buang air kecil dapat terjadi. Beberapa wanita juga melaporkan merasa seperti ada tekanan di daerah panggul.

4. Pembesaran Perut

Ciri-Ciri Miom (via JawaPos)

Miom yang tumbuh cukup besar dapat menyebabkan perut terlihat membesar atau terasa berat. Wanita dengan miom sering kali merasa bahwa perut mereka terlihat seperti hamil, meskipun tidak sedang mengandung.

5. Konstipasi atau Kesulitan Buang Air Besar

Ciri-Ciri Miom (via Harapan Rakyat)

Miom yang menekan usus besar dapat menyebabkan konstipasi atau kesulitan buang air besar. Beberapa wanita mungkin juga mengalami perasaan penuh atau kembung di daerah perut.

6. Infertilitas atau Masalah Kehamilan

Ciri-Ciri Miom (via Alodokter)

Beberapa miom dapat mempengaruhi kesuburan dan menyebabkan masalah dalam program perencanaan kehamilan. Miom yang besar atau terletak di dekat rahim dapat mengganggu implantasi embrio atau menyebabkan keguguran. Jika seorang wanita hamil dengan miom, ada risiko komplikasi seperti placenta previa (plasenta menutupi leher rahim) atau persalinan prematur.

Meskipun tumor jinak rahim ini sering tidak menimbulkan gejala yang parah, namun jika kamu mengalami gejala atau ciri-ciri miom tersebut, penting untuk berkonsultasi dengan dokter untuk diagnosis dan penanganan yang tepat agar tidak menimbulkan masalah yang lebih parah. Karena sehat itu mahal!

Ciri-Ciri Miom (via yoona)