Belajar dari Kisah CoCo Lee, Ini Bahaya Depresi yang Tidak Segera Diatasi

Meninggalnya CoCo Lee pasca dugaan percobaan bunuh diri menunjukkan bahwa depresi adalah masalah yang krusial dan bisa membawa dampak fatal.

Pengisi suara film animasi Mulan versi Mandarin, CoCo Lee, dikabarkan meninggal dunia pada Rabu (5/7/2023) setelah sempat jatuh koma. Berdasarkan keterangan dari keluarga, sang artis sempat melakukan percobaan bunuh diri pada Minggu (2/7/2023). Dia kemudian mendapat perawatan dari rumah sakit, namun nyawanya tidak tertolong.

Namun yang bikin sedih adalah CoCo Lee ternyata telah berjuang melawan depresi selama beberapa tahun terakhir. Diketahui, salah satu penyebabnya adalah masalah pada kakinya, yang membuatnya harus menjalani operasi besar. Setelahnya, perempuan 48 tahun itu masih harus melalui proses melelahkan untuk belajar berjalan.

Bagaimanapun, peristiwa meninggalnya CoCo Lee ini sekali lagi mengingatkan kita betapa berbahayanya depresi. Setiap orang pada dasarnya mungkin pernah mengalami masalah kesehatan mental, namun jika tidak ditangani dengan baik, maka dampaknya akan sangat serius. Berikut ini adalah beberapa bahaya yang mengancam, termasuk risiko kematian:

1. Masalah Kesehatan Fisik

Siapa bilang masalah kesehatan mental tidak akan berimbas pada fisik. Berbagai penelitian mengungkapkan bahwa orang-orang yang mengalami depresi cenderung memiliki risiko lebih tinggi terhadap masalah kesehatan fisik, termasuk penyakit jantung, diabetes, gangguan tidur, dan penurunan sistem kekebalan tubuh.

Pasalnya, setiap emosi yang dialami manusia pada dasarnya dipengaruhi oleh hormon tertentu. Jika hormon pemicu stres terus dihasilkan tanpa dinetralisir, maka organ tubuh juga akan terkena dampaknya. Dengan kata lain, depresi yang tidak diobati atau tidak ditangani dengan baik dapat mempengaruhi kualitas hidup dan mengganggu fungsi fisik seseorang.

2. Meningkatkan Risiko Bunuh Diri

Bahaya Depresi yang Dialami CoCo Lee (via Alodokter)

Depresi merupakan faktor risiko utama untuk bunuh diri. Individu yang mengalami depresi berat atau kronis memiliki kemungkinan lebih tinggi untuk mempertimbangkan atau mencoba bunuh diri. Rupanya hal inilah dialami oleh banyak pelaku bunuh diri, yang banyak di antaranya juga berasal dari kalangan artis.

Sebelum CoCo Lee, artis-artis seperti Sulli F(x), Chester Bennington, Elvis Presley, dan masih banyak lagi yang melakukan hal sama. Karenanya, penting bagi seseorang yang mengalami depresi untuk mendapatkan bantuan medis dan dukungan emosional yang tepat.

3. Masalah dalam Hubungan Sosial

Bahaya Depresi yang Dialami CoCo Lee (via Tribun)

Depresi dapat menyebabkan isolasi sosial, perubahan dalam perilaku, dan masalah dalam hubungan antarpribadi. Orang dengan depresi seringkali merasa kesulitan untuk berinteraksi dengan orang lain, mengalami penurunan minat dalam kegiatan sosial, dan memiliki tingkat energi yang rendah, yang semuanya dapat mempengaruhi hubungan dengan keluarga, teman, dan rekan kerja.

4. Penurunan Produktivitas

Bahaya Depresi yang Dialami CoCo Lee (via Brilio)

Tahukah kamu kenapa banyak orang yang tak punya semangat kerja saat sedang mengalami masalah? Hal ini sekali lagi dipengaruhi oleh hormon penyebab stres, termasuk kortisol, yang mempengaruhi kemampuan berpikir dan memori.

Dalam hal ini, depresi dapat menyebabkan penurunan konsentrasi, kehilangan minat dalam pekerjaan, dan kurangnya motivasi. Hal ini dapat berdampak negatif pada produktivitas di tempat kerja, yang pada gilirannya dapat mengakibatkan kesulitan dalam menjaga pekerjaan. Seseorang yang mengalami depresi seringkali menghadapi tantangan dalam menjalankan tanggung jawab sehari-hari mereka.

5. Gangguan Tidur

Bahaya Depresi yang Dialami CoCo Lee (via Halodoc)

Depresi juga dikaitkan dengan masalah tidur, seperti insomnia atau tidur berlebihan. Gangguan tidur yang persisten dapat mempengaruhi kualitas hidup, kesehatan fisik, dan kesejahteraan mental seseorang.

Berdasarkan ulasan di atas, bisa disimpulkan bahwa bahaya depresi sangat fatal dan mematikan. Karenanya, kondisi ini penting untuk diobati dan pastikan bahwa bantuan tersedia untuk penderitanya. Jika Anda atau seseorang yang Anda kenal mengalami depresi, penting untuk mencari bantuan profesional dari tenaga medis atau psikolog. Jangan sampai kasus CoCo Lee dan lain-lain terulang kembali.

Bahaya Depresi yang Dialami CoCo Lee (via KlikDokter)