Awas Diblokir! Ini 3 Hal yang Harus Dihindari Saat Live Selling

Tahukah kamu bahwa ada beberapa hal yang harus dihindari saat live selling? Yuk intip ulasan berikut ini!

Tahukah kamu bahwa ada beberapa hal yang harus dihindari saat live selling? Sebagaimana diketahui, saat ini live selling adalah salah satu cara yang banyak diminati untuk menjual suatu barang secara online.

Meski demikian, kamu wajib memahami etika dan menjauhi hal-hal yang membuatmu dianggap melakukan pelanggaran. Perlu diketahui, pelanggaran adalah salah satu hal yang bisa membuat penjualanmu menurun, bahkan sampai akunmu diblokir. Nah, agar akun jualanmu tetap aman, coba perhatikan hal-hal yang harus dihindari saat live selling berikut ini.

1. Mengajak Transaksi di Luar Marketplace

Saat live selling, sebaiknya kamu membahas produk kamu sedetail mungkin. Dan mengajak para viewer kamu untuk segera checkout barang yang kamu jual. Tapi jangan pernah sekali-kali mencoba untuk mengajak viewer kamu melakukan transaksi di luar marketplace ya. Sebab hal tersebut adalah salah satu bentu pelanggaran.

Jika kamu menyebutkan kata-kata seperti chat', aplikasi 'WhatsApp', bahkan singkatan 'WA' maka siaran kamu otomatis akan berakhir karena ditutup oleh pihak marketplace. Kalau tindakanmu dianggap parah, bisa-bisa malah kamu di-banned sehingga tak bisa berjualan lagi, baik sementara maupun permanen.

2. Menyebut Media Sosial

Hal yang Harus Dihindari saat Live Selling (via Inside Retail Asia)

Selain mengajak transaksi di luar marketplace, menyebut nama media sosial juga bisa membuat akunmu terkena pelanggaran. Jadi kamu wajib berhati-hati ya jika ingin mempromosikan online shopmu. Jangan sampai menyebutkan nama akun media sosial. Bisa-bisa kamu di-blacklist dan pengunjung tokomu jauh berkurang.

3. Menyebut Marketplace

Hal yang Harus Dihindari saat Live Selling (via Nusantara)

Hal yang wajar jika seorang penjual memiliki toko di banyak marketplace. Tapi saat kamu melakukan live selling di aplikasi orange, jangan pernah sesekali menyebutkan bahwa toko kamu juga ada di marketplace warna hijau ya. Hal tersebut termasuk pelanggaran dan bisa membuat kamu diblokir oleh marketplace tersebut.

4. Tampil Acak-Acakan

Hal yang Harus Dihindari saat Live Selling (via Ninja Xpress)

Selain menjaga etika, penampilan saat live selling ternyata juga penting, lho! Penampilan dan sikap yang kurang profesional dapat mengurangi kepercayaan penonton terhadap presenter dan produk yang dijual. Pastikan kamu tampil rapi dan bersikap ramah serta antusias selama live selling agar penonton bertambah dan penjualan meningkat.

Selain, penampilan presenter, kondisi ruangan selama live juga harus jadi pertimbangan. Visual yang menarik dapat membantu memperkuat presentasi dan memikat perhatian penonton. Pastikan cahaya yang cukup, latar belakang yang tidak terlalu ramai, dan tampilan produk yang menarik.

Nah, itu tadi beberapa hal yang harus dihindari saat live selling. Kamu wajib banget berhati-hati, karena hal-hal yang disebutkan tadi biasanya tanpa sadar dilakukan saat siaran langsung, dan tahu-yahu kamu sudah dapat teguran dari marketplace.

Hal yang Harus Dihindari saat Live Selling (via Kelas.work)