4 Kebiasaan yang Bikin Keuangan Sehat, Wajib Ditiru Nih!

Kebiasaan yang bikin keuangan sehat ini wajib kamu lakukan agar dapat mengelola uang dengan baik tanpa keteteran dan juga bisa terhindar dari hutang.

Apa sih kebiasaan yang bikin keuangan sehat? Bagaimana kita sebaiknya mengatur uang agar tidak sampai terjadi kondisi besar pasak daripada tiang? Pertanyaan itu mungkin sering terbersit, terutama jika saat ini kamu sedang berusaha menabung untuk sesuatu.

Walaupun terlihat sepele, namun faktanya tidak sedikit orang yang masih belum tahu bagaimana cara mengelola uang dengan baik. Padahal ada beberapa kebiasaan yang bikin keuangan sehat dan bisa dilakukan rutin tanpa membutuhkan membutuhkan effort lebih.

Jika kamu belum terbiasa, kamu bisa kok memulainya dari hal kecil terlebih dahulu kemudian lanjutkan dengan kebiasaan lainnya. Kalau kamu masih bingung apa saja kebiasaan yang bisa bikin keuanganmu sehat, berikut ini daftarnya.

1. Menabung Awal Bulan

Jika tidak dibiasakan, menabung memang hal yang sulit. Ada saja barang yang ingin dibeli jika tahu ada sisa uang dalam rekening. Padahal setiap orang harusnya punya dana darurat yang bisa digunakan untuk kebutuhan yang mendesak dan tidak terduga.

Nah, untuk membiasakan diri menabung usahakan sisihkan uang dalam tabungan pada awal bulan setelah gajian. Buat rekening berbeda, agar tidak tercampur dengan rekening kebutuhan bulanan.

2. Belanja dengan Uang Cash

Kebiasaan yang Bikin Keuangan Sehat (via Detik Finance)

Berbelanja dengan uang digital memang sangat mudah. Kamu bahkan tidak perlu panik seberapa banyak pun kamu belanja, pasti bisa dibayar dengan uang digital. Namun sayangnya, cara ini akan membuatmu boros. Kamu tidak akan merasa berat mengeluarkan uang, karena yang kamu lihat hanya angka-angka.

Berbeda jika kamu menggunakan uang cash. Pasti akan ada rasa tak rela jika harus melihat dompet kosong setelah berbelanja. Dengan begitu, kamu bisa mengerem keinginan belanja, dan hanya memilih yang dibutuhkan saja.

3. Utamakan Bayar Kewajiban

Kebiasaan yang Bikin Keuangan Sehat (via Detik Travel)

Setelah menerima gaji, dahulukan kewajiban yang harus dibayar, seperti cicilan, utang, spp sekolah, dan masih banyak lagi. Dengan melakukan hal ini, kamu tidak akan terbebani di akhir bulan saat kondisi uang sudah menipis. Lagipula, mendahulukan membayar kewajiban akan membuat pihak yang dibayar senang karena bisa mendapatkan uangnya lebih awal.

4. Buat Anggaran

Kebiasaan yang Bikin Keuangan Sehat (via Maybank)

Percaya atau tidak, membuat anggaran bulanan akan memudahkan kamu untuk berhemat. Setidaknya kamu tahu apa saja yang harus dibeli dan dibayar. Jadi kamu tidak kalap saat menerima gaji.

Nah, itu tadi beberapa kebiasaan yang bikin keuangan sehat. Jika tidak bisa meniru semua, lakukan kebiasaan kecil terlebih dahulu, asal rutin ya. Selamat menabung dan semoga kamu bisa mewujudkan kondisi finansial yang sehat.

Kebiasaan yang Bikin Keuangan Sehat (via KoinWorks)