Disebut Lebih Sehat, Ini 3 Manfaat Makan Pakai Tangan

Ada banyak manfaat makan pakai tangan yang sebagian orang belum tahu. Apa saja kira-kira? Simak ulasan berikut ini!

Ada banyak manfaat makan pakai tangan yang sebagian orang belum tahu. Hal ini tidak mengherankan, sebab masih banyak orang yang lebih memilih makan menggunakan sendok dan garpu yang disebut lebih higienis dan sopan.

Padahal makan menggunakan tangan sebenarnya salah satu cara makan yang sudah populer di Asia, salah satunya di Indonesia. Bahkan cara makan seperti ini sudah menjadi kebiasaan hampir semua orang di negara ini. Nah, buat kamu selama ini masih merasa risih jika harus makan pakai tangan, coba deh cek manfaatnya berikut ini.

1. Meningkatkan Kinerja Pencernaan

Siapa sangka kalau ternyata makan pakai tangan bisa meningkatkan kinerja pencernaan. Hal ini disebabkan, saat kamu menyentuh makanan, maka saraf pada jari memberi signal ke otak bahwa kamu sedang makan. Kemudian pesan tersebut akan diteruskan ke perut untuk mempersiapkan enzim dan cairan pencernaan lain yang tepat.

Manfaat Makan Pakai Tangan (via Celebrities)

2. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Selain meningkatkan pencernaan, makan pakai tangan ternyata juga dapat meningkatkan sirkulasi darah lho. Sebab, saat makan menggunakan tangan, ada lebih banyak yang dilakukan. Dengan begitu, otot-otot pada jari hingga tangan yang digunakan saat makan akan membuat peredaran darah menjadi lebih lancar.

Manfaat Makan Pakai Tangan (via Detik)

3. Semua Indera Dikerahkan

Saat makan menggunakan tangan, kamu tanpa sadar sudah mengerahkan semua indera yang kamu miliki. Sebab, saat mengambil makanan kamu sudah menggunakan indera peraba, dan merasakan lansung tekstur, kelembutan, serta kekenyalan makanan dengan lebih baik.  Dengan langsung merasa makanan, otomatis, indera lain juga akan ikut terangsang. Jadi nggak heran kalau makanan terasa lebih nikmat saat makan menggunakan tangan.

Nah, itu tadi beberapa manfaat makan pakai tangan yang mungkin belum banyak orang tahu. Tapi ingat untuk selalu mencuci tangan sebelum makan, agar saat makan kamu terhindar dari bakteri jahat yang bisa menyebabkan penyakit.

Manfaat Makan Pakai Tangan (via Denpasar Viral)