4 Cara Mengatasi Rambut Berminyak Tanpa Harus Pergi ke Salon

Berikut adalah beberapa cara mengatasi rambut berminyak tanpa perlu menghabiskan banyak biaya untuk perawatan. Apa saja?

Baru keramas tapi kok rambut sudah lepek? Wah, jangan-jangan kamu punya masalah rambut dan kulit kepala berminyak. Rambut berminyak adalah masalah umum yang banyak orang alami. Kelebihan produksi minyak alami oleh kulit kepala dapat membuat rambut terlihat kusam, lepek, dan sulit diatur.

Memiliki masalah rambut berminyak memang bikin pusing. Tidak hanya bikin penampilan jadi nggak on point, rambut berminyak juga membuat sebagian orang menjadi merasa tidak percaya diri. Meskipun banyak orang cenderung pergi ke salon untuk mengatasi masalah ini, ada beberapa cara sederhana yang bisa kamu coba di rumah.

Untuk kamu yang enggak ada banyak waktu atau malas keluar banyak uang, yuk cari tahu bagaimana cara mengatasi rambut berminyak tanpa harus pergi ke salon. Berikut adalah beberapa cara mengatasi rambut berminyak tanpa perlu menghabiskan banyak biaya untuk perawatan:

1. Keramas Lebih Sering

Tahu nggak sih kalau keramas dapat membantu menghilangkan minyak berlebih pads kulit kepala. Tapi jangan terlalu sering, karena jika minyak pada rambut hilang, maka akan membuatnya kering. Sebaiknya pilih shampo yang tepat agar minyak terkontrol dengan baik, namun tidak mengakibatkan rambut kering.

2. Keramas dengan Teknik yang Benar

Cara Mengatasi Rambut Berminyak (via CNN Indonesia)

Selain keramas lebih sering, tekhnik yang benar saat keramas juga bisa membantu mengurangi minyak pada rambut lho. Pastikan mengusapkan shampoo hingga akar dan kulit kepala saat kamar.

Setelahnya, coba gosok perlahan, karena menggosoknya terlalu kuat hanya akan membuat kulit kepala iritasi dan menyebabkan lebih banyak minyak. Gunakanlah gerakan lembut saat membersihkan rambut dan kulit kepala. Pijat kulit kepala dengan lembut untuk melancarkan sirkulasi darah dan membantu meratakan minyak alami.

3. Jaga Kebersihan Sisir

Cara Mengatasi Rambut Berminyak (via Suara)

Tanpa disadari sisir juga bisa menjadi penyebab rambut berminyak. Maka dar itu, sebaiknya bersihkan sisir minimal seminggu sekali dengan shampo dan sabun. Sikat dengan lembut pada sela-sela sisir, agar kotoran yang menempel bisa hilang.

4. Gunakan Dry Shampoo

Cara Mengatasi Rambut Berminyak (via Kompas)

Untuk mengatasi rambut berminyak, sebenarnya pilihan paling tepat adalah menggunakan shampoo yang khusus mengatasi masalah tersebut. Meski demikian, dry shampo juga bisa menjadi solusi untuk mengatasi masalah rambut berminyakmu lho.

Tak perlu menggunakan air, cukup disemprotkan, maka rambut akan nampak lebih sehat, mengembang, dan wangi. Tapi jangan terlalu sering memakainya, sebab dry shampo dapat memicu penumpukan residu yang dapat membuat rambut menjadi kotor.

Nah, sekarang sudah tahu kan bagaimana cara mengatasi rambut berminyak yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah? Nggak perlu capek-capek ke salon deh. Selain itu, kamu juga bakal hemat banyak uang.

Cara Mengatasi Rambut Berminyak (via Glamour)