Usianya Capai Ratusan Tahun, Ini 3 Wisata Populer di Amsterdam yang Wajib Dikunjungi

Jalan-jalan ke Belanda belum lengkap kalau tidak mengunjungi sejumlah tempat wisata populer di Amsterdam. Yuk simak rekomendasinya!

Jalan-jalan ke Belanda, tentu belum lengkap kalau tidak mengunjungi sejumlah tempat wisata populer di Amsterdam. Pasalnya, beberapa tempat wisata ini disebut berusia ratusan tahun, bahkan menjadi tempat wisata tertua di dunia.

Sebagai ibu kota Belanda, Amsterdam memang terkenal dengan sungai-sungai yang mengalir di seluruh kota. Karena itu, kota ini dijuluki sebagai The Venice of the North. Namun tak hanya itu, ada banyak hal menarik lainnya yang menjadi daya tarik wisatawan saat berkunjung ke kota tersebut. Kalau kamu berencana traveling ke Amsterdam, jangan lupa mengunjungi tempat-tempat berikut ini ya.

1. Dam Square

Wisata populer di Amsterdam yang pertama adalah Dam Square. Tempat wisata yang letaknya dekat dengan The Royal Palace ini merupakan alun-alun Kota Amsterdam yang paling dipadati turis. Selain merupakan pusat keramaian, alun-alun kota Amsterdam ini banyak dikunjungi karena keberadaan istana kerajaah abad ke-17, Istana Koninklijk.

Wisata Populer di Amsterdam (via Babylon Tours)

2. The Royal Palace

Tempat wisata populer di Amsterdam yang kedua adalah The Royal Palace. Konon, The Royal Palace adalah bagian dari tiga istana di Belanda yang berlokasi tepat berhadapan dengan Monumen Nasional Amsterdam dan berada di sisi barat Dam Square yang merupakan alun-alun kota Amsterdam.

Diperkirakan bangunan yang awalnya berfungsi sebagai Balai Kota Amsterdam ini sudah berusia sekitar 350 tahun. Namun, pada tahhun 1808, Raja Louis Napoleon Bonaparte mengubah tempat ini menjadi istana hingga kini.

Tidak seperti istana lain yang dijaga ketat oleh para pengawal, namun hal tersebut tidak akan ditemukan di The Royal Palace. Sebab tempat ini sudah tidak lagi dijadikan istana, namun sudah dibuka untuk umum dan berubah fungsi sebagai museum.

Wisata Populer di Amsterdam (via TripSavvy)

3. Hortus Botanicus

Tempat wisata populer di Amsterdam yang terakhir adalah Hortus Botanicus. Tempat ini sudah ada sejak tahun 1638. Sehingga diperkirakan Hortus Botanicus merupakan kebun raya tertua di dunia.

Awalnya pemerintah kota Amsterdam membuat Hortus Botanicus sebagai kebun herbal yang berisikan tanaman medis untuk keperluan dokter dan apoteker di Amsterdam. Sebab pada tahun 1634-1637, Kota Leiden dan Utrecht mengalami wabah yang menyebabkan ribuan orang terjangkit.

Dan hingga saat ini, Hortus Botanicus sudah memiliki sekitar lebih dari 6000 jenis tanaman yang berbeda. Bahkan diantaranya terdapat kaktus agave sudah berusia sekitar 2000 tahun dan sikas raksasa Kape Timur yang usianya diperkirakan mencapai 300 tahun.

Nah, itu tadi beberapa tempat wisata populer di Amsterdam yang wajib dikunjungi kalau kamu traveling ke Belanda[2]. Apa kamu sudah berkunjung ke sana? Atau punya rekomendasi lain yang enggak kalah keren? Jangan lupa berbagi pengalamanmu ya!

Wisata Populer di Amsterdam (via oost-online.amsterdam)