3 Cara Mengatasi Stres Ibu Rumah Tangga, Biar Tetap Waras

Bagaimana cara mengatasi stres ibu rumah tangga yang efektif? Yuk simak tips berikut ini!

Menjaga kewarasan ibu rumah tangga adalah hal paling penting, sebab kedamaian rumah tergantung pada ibu di dalam rumah tersebut. Karena itu, kamu wajib tahu bagaimana cara menghilangkan stres ibu rumah tangga, agar rumah senantiasa damai.

Seorang istri atau ibu rumah tangga lebih rentan mengalami stres daripada suami. Sebab, ibu rumah tangga memiliki tanggung jawab penuh untuk mengurus rumah dah anggota keluarga.

Tanggung jawab inilah yang terkadang membuatnya tertekan hingga mengalami stres. Sebagai informasi, stres adalah respons tubuh terhadap aktivitas sehari-hari dalam hidup seseorang.

Dan bisa memberikan dampak buruk pada kesehatan fisik serta mental. Jika dibiarkan stres akan semakin parah dan sulit diatasi. Lantas, bagaimana cara mengatasi stres yang dialami oleh ibu rumah tangga? Berikut ini tipsnya.

1. Luangkan Waktu Me Time

Meski sebentar, namun ibu rumah tangga wajib meluangkan waktu me time setiap hari. Me time bukan berarti kamu harus pergi healing ke luar kota kamu bisa me time dengan melakukan hobi atau perawatan.

Meski terlihat sepele, namun me time bagi ibu rumah tangga akan membuatnya merasa mendapatkan hadiah atas kerja kerasnya mengurus rumah dan keluarga selama ini. Coba minta dukungan keluarga agar waktumu benar-benar berkualitas.

Cara Mengatasi Stres Ibu Rumah Tangga (via Halodoc)

2. Berolahraga

Sudah menjadi rahasia umum kalau berolahraga dapat membuat fisik dan mental menjadi lebih sehat. Karena itu, ibu rumah tangga wajib melakukannya. Jika kamu terlalu sibuk untuk berolahraga, kamu bisa menjadwalkan setidaknya dua kali dalam seminggu untuk memperbaiki mood. Saat suasana hati membaik, maka mengurus rumah pun akan dilakukan dengan hati yang riang dan menjadi lebih menyenangkan. Sepakat?

Cara Mengatasi Stres Ibu Rumah Tangga (via BeritaSatu)

3. Rencanakan Refreshing Sebulan Sekali

Cara terakhir agar ibu rumah tangga tetap dalam kewarasannya adalah dengan meminta suami untuk merencanakan refreshing setiap bulan sekali. Mungkin hal ini sedikit berat ya, terutama untuk keluarga yang finansialnya tidak berlebih.

Tapi kamu bisa kok menggantinya hanya dengan jalan-jalan ke mall atau taman kota. Itu juga sudah termasuk dalam kategori refreshing. Tentunya akan lebih menyenangkan jika kamu mengajak sahabat atau orang yang peduli dengan kesehatan mentalmu.

Nah, kelihatan mudah kan cara mengatasi stres ibu rumah tangga? Walaupun mungkin pelaksanaannya tidak selalu sesuai realita, namun kamu bisa mencoba meluangkan waktu dengan bijak demi kesehatan mentalmu. Jadi jangan tunggu stres ya, lakukan mulai dari sekarang agar hidup menjadi lebih menyenangkan.

Cara Mengatasi Stres Ibu Rumah Tangga (via Suara)