Anti Ribet, Ini 5 Tips Memasak Pare Tanpa Rasa Pahit

Bagaimanakah tips memasak pare tanpa rasa pahit? Daripada bingung, yuk simak ulasan berikut ini!

Semua pasti tahu kalau pare adalah salah satu jenis sayuran yang memiliki rasa khas pahit. Sayangnya banyak  orang malas memasaknya karena tidak tahu bagaimana tips memasak pare tanpa rasa pahit.

Perlu diketahui, sebenarnya dibalik rasanya yang pahir, pare mengandung banyak nutrisi baik, yakni vitamin A, C, E, B1, B2, B3, dan B9, mineral, antioksidan,dan masih banyak lagi. Nah, agar deretan kandungan baik tadi bisa kamu manfaatkan, berikut ini beberapa cara memasak pare tanpa rasa pahit. Catat ya.

1. Bersihkan Bagian Tengah Pare

Cara pertama agar pare yang dimasak tidak pahit adalah dengan membersihkan bagian tengah pare. Bagian ini berwarna putih, dan untuk mengurangi rasa pahitnya, sebaiknya dikeruk hingga bersih sebelum diolah dan dimasak.

2. Rendam Pare dengan Air Garam

Tips Memasak Pare Tanpa Rasa Pahit (via Tirto)

Setelah bagian tengah pare dibersihkan, kemudian kamu bisa memotong pare dalam ukuran kecil, lalu rendam dari air garam selama 20-30 menit sambil sesekali diremas-remas untuk menghilangkan rasa pahitnya. Setelah direndam, potongan pare tadi bisa dibilas dengan air bersih terlebih dahulu sebelum dimasak.

3. Rendam Pare dengan Air Gula

Tips Memasak Pare Tanpa Rasa Pahit (via Kumparan)

Selain menggunakan air garam, kamu juga bisa kok menghilangkan rasa pahit pare dengan merendamnya dalam air gula. Peras sesekali, lalu bilas dengan air bersih sebelum mengolahnya. Air gula akan menetralkan rasa pahit sehingga tidak terlalu pekat saat dimasak dan dikonsumsi.

4. Rebus Pare

Tips Memasak Pare Tanpa Rasa Pahit (via cookpad)

Setelah merendam pare dengan air garam atau air gula, selanjutnya kamu bisa merebus pare terlebih dahulu sebelum dimasak. Tidak perlu waktu lama, kamu hanya memerlukan waktu kurang lebih 2 menit saja untuk merebus pare.

Kalau kamu memiliki daun jambu biji di rumah, kamu bisa kok menambahkan daun tersebut ke dalam rebusan kamu. Daun ini dipercaya dapat menertralkan rasa pahit dari sayur pare.

5. Masak Pare dengan Bumbu Bercitarasa Kuat

Tips Memasak Pare Tanpa Rasa Pahit (via Sajian Sedap)

Cara terakhir agar pare yang kamu masak tidak terasa pahit adalah dengan memasaknya menggunakan bumbu dan rempah yang bercitarasa kuat. Umumnya orang suka memasak pare dengan bumbu tumis seperti bawang putih, bawang merah, dan cabe-cabean. Sehingga rasa pahit pare tersamarkan oleh rasa pedas cabe. Kamu juga bisa kok memasak pare dengan bahan lain seperti ikan asin atau terasi, sehingga rasa pahitnya tersamarkan.

Nah, itu tadi beberapa tips memasak pare tanpa rasa pahit yang wajib dicoba. Jadi jangan malas lagi ya. Pasalnya, walaupun memilih rasa pahit namun banyak yang percaya bahwa pare memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Tips Memasak Pare Tanpa Rasa Pahit (via Dapur KOBE)