4 Kebiasaan yang Bikin Sahabat Menjauh, Jangan Sampai Kamu Lakukan Ya!

Kamu perlu menghindari kebiasaan yang bikin sahabat menjauh agar hubunganmu tetap langgeng. Yuk simak ulasan berikut ini!

Hubungan persahabatan perlu dipupuk seiring waktu agar tetap terjalin erat, karena itu kamu perlu menghindari kebiasaan yang bikin sahabat menjauh. Walaupun telah berteman lama, bukan berarti hubungan persahabatan tidak bisa renggang. Karena itu kamu perlu menghindari hal-hal berikut ini:

1. Bukan Pendengar yang Baik

Kebiasaan yang bikin sahabat menjauh yang pertama adalah dengan tidak menjadi pendengar yang baik. Menjadi sahabat, berarti menjadi teman terdekat seseorang sehingga seringnya sahabat adalah tempat berbagi susah dan senang.

Namun, hubungan persahabatan bisa rusak karena hal ini. Saat sahabat bercerita mengenai masalah yang dihadapinya, kamu justru tidak mendengarkan dan membandingkan kisah pilu sahabat dengan kisahmu sendiri. Jika ini terus terjadi, bukan tidak mungkin sahabatmu akan menjauh darimu.

2. Terlalu Asyik dengan Teman dan Kesibukan Baru

Kebiasaan yang Bikin Sahabat Menjauh (via Suara)

Saat kamu terjun dalam lingkungan yang baru, misalnya lingkungan kerja atau organisasi, kamu akan memiliki banyak kenalan baru. Saat memulai kegiatan barumu, kamu akan dengan senang hati menceritakan segala hal yang terjadi pada sahabatmu.

Namun, lama kelamaan, kesibukan dan lingkungan baru bisa jadi menyita banyak waktu hingga tidak ada waktu untuk bertemu atau sekedar meyapa sahabatmu. Hal ini bisa membuat sahabatmu menjauh. Dia akan merasa diabaikan dan merasa kamu mementingkan kesibukan baru ketimbang sahabat yang telah menemanimu hingga saat ini.

Untuk menghindari hal ini, ada baiknya dari awal kamu menyampaikan pada sahabatmu mengenai kegiatan baru yang akan menyita banyak waktu. Jika memungkinkan, kamu bisa mengajak sahabatmu untuk mengenal lingkungan barumu.

3. Sering Membicarakan Kejelekannya di Belakang

Kebiasaan yang Bikin Sahabat Menjauh (via Merdeka)

Kebiasaan lain adalah selalu membicarakan kejelekan sahabatmu di belakangnya. Siapa sih yang suka dibicarakan di belakang? Apalagi ini sahabatmu sendiri. Sebagai sahabat, seharusnya kamu mengingatkan langsung jika memang ada sikap buruk yang perlu diubah dari diri sahabatmu, bukannya membicarakan hal tersebut dengan orang lain di belakangnya.

Sebaiknya segera hentikan kebiasaan buruk membicarakan seseorang di belakangnya ya, karena akan membuat sahabat atau bahkan orang terdekat lainnya menjauh darimu.

4. Sering Ingkar Janji

Kebiasaan yang Bikin Sahabat Menjauh (via Telisik)

Hal lain yang membuat sahabatmu menjauh adalah jika kamu sering ingkar janji. Bayangkan saja jika kamu sudah membuat janji akan pergi bersama di akhir pekan, tetapi tiba-tiba kamu membatalkannya begitu saja. Jika hal ini terjadi beulang kali, bukan tidak mungkin sahabatmu akan menjauh darimu karena merasa kesal menghadapi perilaku yang menjengkelkan.

Itulah 4 kebiasaan yang bikin sahabat menjauh yang perlu dihindari agar hubungan persahabatanmu tetap langgeng. Perlu diketahui bahwa sahabat sama pentingnya dengan pacar sehingga kamu juga perlu menjaga hubungan dengan baik.

Kebiasaan yang Bikin Sahabat Menjauh (via Bulat)