Waspadai Dampak Dehidrasi pada Tubuh, Bisa Fatal Akibatnya!

Dampak dehidrasi bagi tubuh bisa beragam, mulai dari yang ringan seperti hilangnya konsentrasi hingga gangguan berat pada organ tubuh lainnya. Simak selengkapnya di sini!

Dampak dehidrasi bagi tubuh bisa beragam, mulai dari yang ringan seperti hilangnya konsentrasi hingga gangguan berat pada organ tubuh lainnya. Karena air memiliki peranan penting dalam tubuh, maka jika kebutuhan air harian tidak tercukupi akan membuat tubuh mengalami gangguan. Lalu apa saja dampak dehidrasi bagi tubuh? Simak informasi berikut ini:

1. Gagal Fokus

Dampak dehidrasi bagi tubuh yang pertama adalah gagal fokus. 90 persen otak manusia terdiri dari air, karena itu air diperlukan untuk fungsi kognitif dan meningkatkan konsentrasi. Jika tubuh mengalami dehidrasi akibat kurang minum air putih, maka otak akan menunjukkan reaksi dengan berubahnya suasana hati dan tingkat konsentrasi. Karena itu mengonsumsi air yang cukup sangat penting untuk peredaran darah ke otak sehingga konsentrasi menjadi lebih baik.

2. Kejang

Dampak Dehidrasi pada Tubuh (via Kompas)

Saat tubuh kekurangan air, kadar elektrolit seperti kalium dan natrium dalam tubuh akan menjadi tidak seimbang. Jika kedua elektrolit ini tidak seimbang, otot dapat mengencang tak terkendali sehingga kejang muncul. Jika terus berlanjut bahkan bisa menyebabkan seseorang kehilangan kesadaran.

3. Lesu dan Lelah

Dampak Dehidrasi pada Tubuh (via Haibunda)

Pernahkah kamu merasa lesu dan lelah padahal tidak melakukan kegiatan yang membuat lelah? Mungkin saat itu kamu mengalami dehidrasi. Jika tubuh kekurangan asupan air, maka sirkulasi oksigen di dalam tubuh tidak stabil sehingga tubuh mudah merasa lelah dan lesu.

4. Kulit menjadi Tidak Elastis

Dampak Dehidrasi pada Tubuh (via Kompas)

Salah satu tanda tubuh kekurangan air adalah kuit menjadi kusam dan tidak aelastis. Dalam kondisi tubuh yang cukup air, kulit yang dicubit kemudian dilepas akan kembali menjadi normal kembali. Namun, jika tubuh mengalami dehidrasi, ketika kamu mencubit kulit di punggung tangan dan dilepaskan, maka kulit akan lambat untuk kembali normal. Karena itu, merawat kulit agar sehat dan bercahaya bukan hanya dari skincare yang kamu gunakan, namun juga dengan memenuhi asupan air yang cukup.

5. Tekanan Darah Menurun

Dampak Dehidrasi pada Tubuh (via BukaReview)

Dampak dehidrasi bagi tubuh selanjutnya adalah dapat menurunkan tekanan darah karena dehidrasi dapat menurunkan volume darah di dalam tubuh. Saat tubuh mengalami dehidrasi, penurunan volume darah akan terjadi sehingga organ-organ tidak dapat memperoleh oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan untuk bekerja dengan baik. 

Itulah 5 dampak dehidrasi bagi tubuh. Dalam jangka panjang, kekurangan cairan juga bisa menyebabkan kegagalan fungsi organ tubuh. Katenanya, untuk menghindari akibat fatal, penuhi kebutuhan cairan tubuh harian agar kesehatan tubuh tetap terjaga dan kamu dapat beraktivitas tanpa gangguan.

Dampak Dehidrasi pada Tubuh (via Halodoc)