Bendera Negara di Dunia yang Warnanya Hampir Sama, Awas Jangan Tertukar Ya

Beberapa bendera negara di dunia ada yang memiliki warna hampir sama. Bendera negara mana saja itu?

Setiap negara memiliki bendera sebagai lambang negara. Bendera negara memiliki warna dengan arti berbeda-beda. Namun tidak sedikit warna bendera negara-negara di dunia yang hampir sama. Dari sekian banyak bendera negara di dunia, sangat jarang negara yang menggunakan warna ungu pada benderanya.

Kembali ke soal warna bendera negara-negara di dunia, berikut ini ada negara-negara yang memiliki warna bendera hampir sama. Bahkan kadang orang salah menyebut bendera negara karena warna yang hampir sama.

Indonesia dan Monako

Indonesia dan Monako bukan berada di satu kawasan, karena Indonesia ada di Asia sementara Monako adalah negara kecil di benua Eropa. Tetapi dua negara itu memiliki kesamaan karena sama-sama memiliki warna bendera yang sama yakni merah dan putih. Meski warna bendera sama, tapi tetap saja warna bendera merah putih Indonesia dan Monako ada bedanya kok.

Perbedaan bendera negara Indonesia dan Monako terdapat pada bagian dimensi bendera yang berbeda. Mulai dari panjang dan lebar antara merah dan putih pada bendera Indonesia ada 2:3, sementara untuk Monako panjang dan lebar antara merah dan putih sebesar 4:5.

Sementara itu perbedaan soal warna merah kedua bendera juga berbeda. Warna merah bendera Indonesia menggunakan PMS Red:032 sementara warna merah bendera Monako dengan PMS Red: 032 C.Jika mengikuti CMYK Process maka perpaduan warna merahnya adalah 0 persen Cyan, 90 persen Magenta, 86 persen Yellow, dan 0 persen Black.

Bendera Negara di Dunia yang Warnanya Hampir Sama (Terpantau)

Belanda dan Luksemburg

Wajar jika bendera negara Belanda dan Luksemburg dianggap memiliki kesamaan. Sebab dua negara ini adalah negara tetangga di kawasan Eropa barat. Keduanya memiliki warna bendera merah, putih, dan biru. 

Tetapi warna bendera Belanda lebih tua dibandingkan warna bendera Luksemburg yang lebih muda atau terang.Ukuran bendera Luksemburg juga lebih panjang dibandingkan bendera Belanda. 

Bendera Negara di Dunia yang Warnanya Hampir Sama (SINDOnews)

Irlandia dan Pantai Gading

Irlandia merupakan negara di Eropa sementara Pantai Gading di Afrika. Siapa sangka warna bendera memiliki kesamaan dalam hal garis vertikal dan unsur warna bendera yakni hijau, putih, dan oranye. Namun yang membedakan hanya urutan saja, bila bendera Irlandia adalah warna hijau, putih, oranye sedangkan bendera Pantai Gading adalah oranye, putih, dan hijau.

Bendera Negara di Dunia yang Warnanya Hampir Sama (iStock)

Australia dan Selandia Baru

Dua negara yang punya warna bendera hampir sama adalah Australia dan Selandia Baru atau New Zealand. Kedua negara itu memilih bendera dengan warna biru dan simbol Union Jack pada sudut kiri atasnya. Union Jack adalah simbol bahwa keduanya pernah jadi negara jajahan kolonial Inggris. 

Bedanya warna bendera negara Australia dan Selandia Baru adalah bendera Australia memiliki enam bintang putih dan lima sementara bendera Selandia Baru memakai empat konstelasi bintang merah.

Bendera Negara di Dunia yang Warnanya Hampir Sama (Tirto.ID)