Masih Kokoh Hingga Kini, Ini 3 Masjid Tertua di Amerika Serikat

Meski bukan negara dengan mayoritas masyarakat beragama muslim, namun ternyata masih berdiri dengan kokoh sejumlah masjid tertua di Amerika Serikat.

Meski bukan negara dengan mayoritas masyarakat beragama muslim, namun ternyata masih berdiri dengan kokoh sejumlah masjid tertua di Amerika Serikat. Bahkan masjid-masjid ini merupakan saksi sejarah dan sebagai tempat berkumpul para komunitas muslim di Negeri Paman Sam tersebut.

Mengutip laman resmi bpkh.go.id, masjid-masjid tersebut sudah berdiri sejak tahun 1900-an. Namun, banyak sejarawan yang percaya bahwa awal muslim datang ke Amerika Serikat pada awal abad ke-14 dari wilayah Senegambian, Afrika. Kalau kamu penasaran, berikut ini beberapa masjid tertua di Amerika Serikat yang masih berdiri hingga kini.

1. Masjid Al-Sadiq

Masjid tertua pertama di Amerika Serikat adalah Masjid Al-Sadiq yang berada di Bronzeville, Chicago, Illinois yang didirakan antara tahun 1921 dan 1922. Masjid ini didirikan oleh Jamaah Muslim Ahmadiyah yang merupakan komunitas muslim tertua di Amerika, dan diyakini pula sebagai masjid tertua di negara tersebut. Hingga saat ini, Masjid Al-Sadiq ini masih beroperasi.

Masjid Tertua di Amerika Serikat (via Wikipedia)

2. Mother Mosque of America

Masjid tertua kedua di Amerika Serikat adalah Mother Mosque of America. Masjid yang didirikan pada tahun 1938 ini berada di Cedar Rapids, Iowa. Masjid yang pernah dilanda banjir pada tahun 2008 ini memiliki ruang bawah tanah yang berisi Al Quran dan sajadah tertua yang telah dihancurkan.

Masjid Tertua di Amerika Serikat (via VOI)

3. Masjid American Moslem Society

Masjid tertua ketiga di Amerika Serikat adalah Masjid American Moslem Society yang berlada di Dearborn, Michigan. Masjid yang berdiri pada tahun 1938 ini adalah masih tertua di Michigan. Selama bertahun-tahun, masjid ini telah mengalami beberapa kali perluasan. Dan saat ini, Masjid American Moslem Society sudah memiliki luas sekitar 48.000 kaki persegi.

Nah, itu tadi beberapa masjid tertua di Amerika Serikat yang hingga saat ini masih berdiri kokoh dan masih beroperasi.

Masjid Tertua di Amerika Serikat (via Pinterest)