Dijamin Aman, Ini 4 Tips Melakukan Solo Hiking untuk Perempuan

Tips melakukan solo hiking untuk perempuan? Perlu enggak sih dipelajari? Mending cari tahu jawabannya di sini!

Tips melakukan solo hiking untuk perempuan? Perlu enggak sih dipelajari? Faktanya, informasi ini penting diketahui untuk para pecinta alam, terlebih perempuan. Pasalnya, meski kerap dilakukan secara berkelompok, namun beberapa orang terkadang lebih suka naik gunung sendirian.

Jika kamu termasuk perempuan pecinta alam yang suka melakukan solo hiking. Coba deh terapkan beberapa tips berikut ini agar kegiatan naik gunungmu lebih aman dan nyaman. Simak penjelasan berikut ini!

1. Ketahui Betul Kemampuanmu

Mengingat hiking adalah aktivitas fisik yang menguras banyak tenaga. Maka sebelum naik gunung, pastikan kondisi tubuhmu sehat dan jangan lupa untuk memahami betul seberapa kemampuanmu.

Dalam hal ini, kamu bisa memberikan batasan waktu atau jarak untuk beristirahat agar kamu tidak kelelahan. Jangan terlalu memaksakan diri, dikhawatirkan akan terjadi hal buruk padamu jika kamu terlalu kelelahan.

Solo Hiking untuk Perempuan (via Detik)

2. Pilih Jalur yang Kamu Tahu

Saat mendaki sendirian, sebaiknya kamu memilih jalur populer yang sudah kamu pahami alurnya. Hal ini tentu akan lebih aman, karena selain kamu ada rombongan lain yang melewati jalur pendakian tersebut.

Dengan begitu, jika terjadi sesuatu yang buruk, kamu bisa meminta pertolongan pada rombongan yang kebetulan lewat. Lagipula, hal ini sangat penting untuk meminimalisir kemungkinan tersesat atau hilang arah.

Solo Hiking untuk Perempuan (via IDN Times)

3. Beritahu Rencana Hiking Pada Orang Terdekat

Sebelum melakukan solo hiking, pastikan ada orang-orang terdekatmu, seperti teman, sahabat, pacar, atau keluarga yang tahu rencanamu mendaki sendirian. Hal ini bertujuan jika terjadi sesuatu yang buruk padamu, maka mereka akan cepat mengambil tindakan untuk menolongmu.

Jangan sampai keberadaanmu tidak diketahui sehingga ketika terjadi sesuatu yang tak diinginkan tidak ada orang yang bisa melacak keberadaanmu. Bukan hanya untuk perempuan, hal ini juga perlu dilakukan oleh pendaki laki-laki.

Solo Hiking untuk Perempuan (via Travel Link)

4. Bawa Barang yang Penting Saja Saat Mendaki

Saat bepergian, perempuan memang dikenal sebagai makhluk yang paling prepare. Mereka akan menyiapkan banyak barang mulai dari baju ganti, skincare, dan lain-lain. Namun mengingat jalur pendakian bukanlah jalur yang mudah, maka sebaiknya kamu membawa barang-barang yang penting saja.

Beberapa barang yang perlu kamu bawa misalnya seperti kompas, sunscreen, pakaian, penerangan, P3K, perlengkapan pembuat api, pisau, makanan, dan tenda. Jangan lupa juga untuk membawa peluit atau semprotan merica sebagai alat penanda dan pelindung jika kamu sedang berada dalam bahaya.

Nah, itu tadi beberapa tips melakukan solo hiking untuk perempuan. Catat baik-baik ya, agar kegiatan mendakimu jadi lebih aman. Jangan lupa juga selalu berhati-hati selama dalam perjalanan.

Solo Hiking untuk Perempuan (via Pendaki Cantik)