5 Fakta Masjid 1000 Pintu di Tangerang yang Sudah Berusia Puluhan Tahun

ternyata kota Tangerang juga memiliki masjid 1000 pintu yang sudah berdiri sejak puluhan tahun yang lalu. Yuk simak fakta-fakta uniknya!

Tidak hanya dikenal sebagai kota 1000 pabrik, ternyata kota Tangerang juga memiliki masjid 1000 pintu  yang sudah berdiri sejak puluhan tahun yang lalu. Menariknya, ada sejumlah fakta masjid 1000 pintu di Tangerang yang unik dan wajib untuk di simak.

Masjid tersebut bernama Masjid Agung Nurul Yaqin. Masjid yang berlokasi di di Jalan Kampung Bayur, kelurahan Periuk Jaya, Kecamatan Periuk, Kota Tangerang, Banten ini disebut menyimpan benda-benda yang tidak biasa.

Masjid ini menyimpan banyak cerita sejarah, mulai dari makam keramat hingga labirin yang digunakan sebagai tempat perenungan. Kalau kamu penasaran apa yang menarik dari masjid ini, yuk simak fakta masjid 1000 pintu di Tangerang seperti dirangkum dari berbagai sumber.

1. Didirikan oleh Tokoh Islam

Masjid Agung Nurul Yaqin atau lebih dikenal dengan masjid 1000 pintu ini dibangun sejak tahun 1978. Pendirinya sendiri adalah seorang tokoh agama islam, yakni Syekh Al Bakhir Mahdi Hasan Al Qudrotillah Al Muqoddam yang dijuluki sebagai Al Faqir.

Dia merupakan keturunan keenam Syekh Syarif Hidayatullah atau Sunan Gunung Jati. Untuk pembangunannya sendiri, Syekh Al Bakhir menggunakan uangnya sendiri tanpa bantuan dari orang lain.

Masjid 1000 Pintu (via GenPI)

2. Memiliki Tempat Khusus Musafir

Masjid 1000 pintu ini terbagi atas beberapa ruangan, yakni seperti Musala Ratu Ayu yang diperuntukkan sebagai tempat ibadah salat para perempuan, dan ada juga tempat yang khusus untuk para musafir. Para musafir ini tidak hanya diperkenankan salat di masjid tersebut, tetapa juga boleh meginap di ruang khusus musafir yang telah disediakan.

Masjid 1000 Pintu (via Dinas Pariwisata Provinsi Banten)

3. Terdapat Makam Syekh Al-Bakhir

Dalam area masjid 1000 pintu ini ternyata terdapat makam dari pendiri masjid tersebut, yakni makam Syekh Al-Bakhir yang meninggal pada 1 Ramadan 2012. Makam ini memiliki ruangan tersendiri dan, dan sering dikunjungi oleh para peziarah.

Masjid 1000 Pintu (via Viva)

4. Tasbih Raksasa

Jika biasanya masjid menyediakan tasbih ukuran kecil yang digunakan untuk berdzikir, namun di masjid 1000 pintu ini memiliki tasbih raksasa yang ukuran setiap butir tasbih hampir sebesar kepala bayi manusia, dengan jumlah butir sebanyak 99, seperti asmaul husna.

Masjid 1000 Pintu (via Tangerang Area)

5. Ruang Perenungan

Fakta menarik terakhir yang ada di masjid 1000 pintu Tangerang adalah terdapat ruang perenungan yang digunakan untuk mhasabah diri. Ruangan tersebut gelap dan cukup sempit. Biasanya orang yang datang ke sini akan melakukan zikir dan merenungi perbuatannya yang lalu.

Nah, itu tadi beberapa fakta masjid 1000 pintu di Tangerang yang menarik untuk disimak. Apakah kamu sudah pernah berkunjung dan menikmati sensasi unik di dalamnya? Jika belum, yuk jadwalkan kunjunganmu!

Masjid 1000 Pintu (via Tangerang News)