Ide Kegiatan Menyenangkan untuk Menghabiskan Waktu Lebaran Bersama Keluarga

Berikut beberapa ide kegiatan lebaran menyenangkan untuk dilakukan bersama keluarga. Dijamin tidak monoton!

Menjelang berakhirnya bulan Ramadan, kamu mungkin mulai memikirkan seperti apa kegiatan Lebaran yang akan dihabiskan nanti. Agar kumpul keluarga tahun ini terasa lebih berkesan, tak ada salahnya menyiapkan aktivitas yang menyenangkan dan tidak monoton untuk anggota keluarga.

Dengan melakukan banyak kegiatan seru, dijamin anak-anak tidak akan bosan sekaligus dapat meningkatkan bonding antara anggota keluarga. Nah, berikut beberapa ide kegiatan lebaran menyenangkan untuk dilakukan bersama keluarga.

1. Menghias Rumah

Salah satu ide kegiatan lebaran yang menyenangkan adalah menghias rumah. Saat lebaran merupakan momen untuk kumpul keluarga, tak jarang tetangga dan teman juga berkunjung ke rumah. Karena itu, tidak ada salahnya mendekor ulang ruangan agar tampak fresh dan bernuansa lebaran.

Ajak keluarga untuk menghias ruang tamu, ruang makan, dan ruang keluarga dengan dekorasi lebaran. Ganti taplak meja dengan nuansa warna hijau khas lebaran. Letakkan juga bunga segar di atas meja untuk menambah semarak ruangan. Bahkan kamu bisa mengganti cat ruangan dengan warna segar. Kegiatan ini akan sangat menyenangkan jika dilakukan beramai-ramai.

2. Membuat Kue Kering

Ide Kegiatan Lebaran Bersama Keluarga (via Hipwee)

Kegiatan lebaran berikutnya yang bisa dilakukan adalah membuat kue kering. Tidak perlu membuat kue dengan resep yang rumit, kamu cukup membuat cookies dengan bahan sederhana. Lalu ajak keluarga untuk mencetak adonan menjadi berbagai bentuk yang lucu. Kemudian ajak anak-anak untuk menghias cookies tersebut dengan krim berbagai warna. Dijamin anak-anak akan suka melakukan kegiatan lebaran ini.

3. Bertukar Kado

Ide Kegiatan Lebaran Bersama Keluarga (via Astronauts)

Berikutnya ada kegiatan yang tak kalah seru dilakukan bersama keluarga, yaitu bertukar kado. Sebelumnya, kamu bisa sampaikan rencana bertukar kado ini pada keluarga, sehingga di momen lebaran, setiap anggota keluarga sudah siap dengan kadonya masing-masing. Agar makin bermakna, kamu bisa menyiapkan hadiah hasil buah tanganmu sendiri. Misalnya sweater hasil rajutan tangan atau hiasan dinding hasil lukisanmu sendiri.

4. Silaturahmi Melalui Video Call

Ide Kegiatan Lebaran Bersama Keluarga (via BP Guide)

Banyak dari kita yang tinggalnya tidak berada dalam satu kota dengan saudara jauh. Nah, di momen lebaran kali ini, saat keluarga sedang berkumpul di rumah, kamu bisa melakukan video call dengan semua anggota keluarga yang sedang ada di luar kota.

Siapkan perangkat untuk memulai video call, jika perlu, kamu bisa sambungkan ke TV atau device dengan layar lebar lainnya, sehingga kedekatannya semakin terasa saat sedang ngobrol melalui video call.

Itulah beberapa ide kegiatan Lebaran yang bisa dilakukan untuk menciptakan momen lebaran yang tak terlupakan bersama keluarga. Yuk isi momen Idul Fitrimu dengan hal-hal yang menyenangkan!

Ide Kegiatan Lebaran Bersama Keluarga (via CNN Indonesia)