Jarang Disadari, Ternyata 3 Kebiasaan yang Bikin Kulit Keriput Ini sering Dilakukan

Tahukah kamu bahwa setiap hari seseorang mungkin melakukan kebiasaan yang bikin kulit keriput? Yuk simak ulasannya!

Tahukah kamu bahwa setiap hari seseorang mungkin melakukan kebiasaan yang bikin kulit keriput? Memang, kerut di permukaan kulit wajah dan tubuh merupakan salah satu tanda penuaan dini yang paling dihindari. Meski demikian, tidak banyak yang tahu bahwa hal ini bisa muncul lebih cepat karena beberapa kebiasaan yang bikin kulit keriput yang sering dilakukan namun jarang disadari.

Keriput sendiri tidak selalu muncul karena usia tua. Faktanya, ada sebagian orang yang mengalami kerutan, meski usianya masih muda. Tidak heran jika saat ini banyak orang yang menggunakan skincare anti-aging untuk melawan keriput yang muncul terlalu dini.

Meski demikian, munculnya kerut wajah sebenarnya bisa dicegah jika kamu menghindari hal-hal yang memicunya. Nah, agar salah satu tanda penuaan tersebut tidak muncul di wajah kamu. Coba hindari beberapa kebiasaan yang menyebabkan kulit keriput berikut ini:

1. Begadang

Salah satu kebiasaan yang menyebabkan kulit keriput adalah kurangnya waktu tidur dan lebih banyak begadang. Banyak yang belum tahu kalau ternyata, begadan dapat menyebabkan wajah berkerut dan membuat wajah jauh lebih tua.

Tidak hanya itu, kantong mata yang menghitam juga akan membuat wajah menjadi kusam. Sebab saat begadang, proses regenerasi kulit saat malam hari menjadi kurang maksimal sehingga masalah kulit seperti flek, bekas jerawat, dan sel kulit mati terus menumpuk.

Kebiasaan yang Bikin Kulit Keriput (via Ners Unair)

2. Berlebihan Menggunakan Makeup

Memakai makeup agar tampil cantik dan menawan memang hal wajar. Tapi sebaiknya jangan memakai makeup secara berlebihan ya. Sebab, memakai makeup berlebih ternyata dapat membuat kulit keriput dan kamu jadi nampak lebih tua.

Tidak hanya makeup, produk perawatan kulit yang wangi juga dapat mengakibatkan pengelupasan pada permukaan minyak alami di wajah, sehingga membuat garis-garis kerutan lebih cepat muncul.

Kebiasaan yang Bikin Kulit Keriput (via Allstars)

3. Tidak Menggunakan Sunscreen

Jangan salah, sunscreen tidak hanya berguna untuk melindungi kulit dari paparan sinat matahari secara langsung. Tapi juga dapat mencegah munculnya tanda penuaan dini pada kulit wajah.

Disarankan kamu memilih sunscreen dengan kandungan SPF 30 atau lebih tinggi, agar kulit kamu terlindungi secara maksimal. Jangan lupa untuk re-apply sunscreen tiap dua jam  sekali ya, meski kamu berada di dalam ruangan sekalipun.

Nah, itulah beberapa hal yang tanpa disadari bisa menyebabkan kerut di wajah dan menimbulkan tanda penuaan dini. Mulai sekarang hindari sebisa mungkin kebiasaan yang bikin kulit keriput. Agar kamu tetap nampak muda, meski memasuki usia yang tak lagi belia.

Kebiasaan yang Bikin Kulit Keriput (via Kompas)