3 Hal yang Harus Dihindari Saat Bukber, Bikin Suasana Kacau Aja!

biar kamu nggak salah bersikap saat memenuhi undangan bukber nanti, coba pahami dulu apa saja hal yang harus dihindari saat bukber! Catat baik-baik ya!

Kebiasaan yang kerap muncul saat bulan Ramadan adalah bukber atau buka bersama. Momen ini biasanya dimanfaatkan untuk menjalin silaturahmi dengan teman-teman lama yang lama tidak bersua.

Sayangnya, seringkali momen yang harusnya bisa mendekatkan satu sama lain justru kadang rusak oleh candaan yang menyinggung. Bukannya bikin dekat lagi, tapi malah bikin orang lain ilfil dan ogah bertemu lagi. Maka dari itu, kamu harus tahu hal apa saja yang harus dihindari saat bukber.

Sebab, salah bicara sedikit saja, kamu bisa mengacaukan suasana bukber yang harusnya hangat dan penuh rindu tersebut. Nah, biar kamu nggak salah bersikap saat memenuhi undangan bukber nanti, coba pahami dulu apa saja hal yang harus dihindari saat bukber. Catat baik-baik ya.

1. Pamer Kelebihan Diri

Hal pertama yang harus kamu hindari saat menghadiri acara bukber adalah memamerkan kelebihan diri sendiri. Apapun kelebihan yang ada pada dirimu, sebaiknya simpan saja dalam-dalam. Ingat, setiap orang punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Jangan sampai sikap pamermu jadi merusak suasana, karena menimbulkan rasa iri dan membuat lainnya insecure. Lebih baik bangun komunikasi yang baik dengan menanyakan kabar teman yang lama tak jumpa, dari menceritakan diri sendiri.

Hal yang Harus Dihindari Saat Bukber (via Lalamove)

2. Membanding-bandingkan

Di dunia ini tidak ada orang yang suka dibanding-bandingkan dengan siapa pun, termasuk dengan teman sendiri. Jadi saat menghadiri acara bukber, sebaiknya kamu jangan membandingkan teman yang satu dengan yang lain, karena nasib orang tentu berbeda-beda.

Sebab saat kamu membandingkan orang lain, otomatis kamu sudah merendahkan orang tersebut. Hal tersebut bisa membuat hubungan pertemanan menjadi renggang lho. Makanya jangan heran jika setelah bukber ada beberapa orang yang enggan berkomunikasi lagi denganmu.

Hal yang Harus Dihindari Saat Bukber (via Suara)

3. Menyinggung Fisik

Sebagian orang menggunakan fisik sebagai bahan memulai percakapan atau candaan. Padahal hal tersebut tidak baik dilakukan karena bisa menyinggung perasaan orang lain. Sebab tidak semua orang suka disinggung soal fisiknya.

Jika kamu melihat perubahan fisik pada temanmu, sebaiknya abaikan hal tersebut. Fokuslah pada pertemanan kalian yang masih terjalin meski sudah lama tidak bertemu. Membicarakan soal pengalaman hidup akan membuat kalian lebih dekat sehingga mungkin saja kesempatan baru yang muncul untuk mengeksplorasi diri.

Nah, itu tadi beberapa hal yang harus dihindari saat bukber. Jangan sampai kamu salah bersikap ya kalau ingin pertemananmu masih terjalin selamanya. Ingat, kata-kata dan candaan yang kamu anggap receh bisa saja sangat menyakiti orang lain.

Hal yang Harus Dihindari Saat Bukber (via Umroh)