6 Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik, Jadi Enggak Khawatir Deh!

Sebelum meninggalkan rumah saat mudik, kamu harus memastikan rumah aman karena akan ditinggalkan selama beberapa hari. Yuk cek tips berikut ini!

Sebelum meninggalkan rumah saat mudik, kamu harus memastikan rumah aman karena akan ditinggalkan selama beberapa hari. Rumah yang kosong akan meningkatkan potensi kejahatan, sehingga penting untuk memastikan kembali keamanan rumah sebelum kamu berangkat. Nah, untuk membantumu agar nyaman selama selama mudik, kamu bisa menerapkan tips aman meninggalkan rumah saat mudik berikut ini:

1. Menyalakan Lampu Teras

Yang perlu dilakukan ketika meninggalkan rumah saat mudik adalah tetap menyalakan lampu teras. Tetap menyalakan lampu teras akan membuat rumah tetap terang di malam hari, hingga tidak tampak seperti sedang ditinggalkan. Dengan begitu akan menjauhkan orang yang ingin berniat buruk.

Selain itu, menyalakan lampu teras juga akan meminimalisir juga akan membuat rumahmu lebih mudah terpantau oleh tetangga sekitar sehingga meminimalisir hal yang tidak diinginkan.

2. Kunci Pintu dan Jendela

Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik (via Qhomemart)

Sebelum berangkat mudik, penting untuk memastikan semua pintu dan jendela terkunci dengan rapat. Hal ini merupakan langkah dasar untuk menjaga rumah agar tetap aman selama ditinggal mudik. Kamu juga bisa menambahkan gembok tambahan untuk memastikan pintu tidak mudah dibuka oleh orang lain.

3. Memasang Kamera Pengawas

Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik (via Kompas)

Agar kamu bisa mengawasi rumah selagi mudik lebaran, kamu bisa memasang kamera pengawas yang bisa terhubung dengan gawai yang kamu miliki. Letakkan kamera pengawas di posisi yang strategis sehingga bisa menjangkau semua area mulai pagar hingga pintu masuk rumah.

4. Pastikan Semua Alat Elektronik Mati

Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik (via Blibli)

Berikutnya yang tak kalah penting adalah dengan melepas sambungan listrik barang-barang elektronik ke stop kontak. Matikan semua alat elektronik termasuk tv hingga ac, lalu lepas steker dari stop kontak. Hal ini penting untuk mencegah terjadinya korsleting saat penghuni tidak ada di rumah.

5. Lepas Regulator Gas

Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik (via Kompas)

Tips aman meninggalkan rumah saat mudik berikutnya adalah dengan melepas regulator elpiji. Karena kompor gas di rumah tidak digunakan dalam beberapa hari saat ditinggal mudik, maka lebih aman jika regulator dilepas. Dengan begitu kamu tidak perlu khawatir akan terjadi kebocoran gas elpiji di rumah.

6. Lapor RT Setempat

Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik (via BP Guide)

Agar rumah tetap aman saat ditinggal mudik, kamu perlu melaporkan ke ketua RT tempat tinggalmu jika rumah akan kosong selama beberapa hari. Dengan begitu, satpam lingkungan rumah juga akan memberi perhatian lebih saat rumah kosong.

Itulah 6 tips aman meninggalkan rumah saat mudik yang bisa kamu coba. Pastikan selalu double check keadaan rumah sebelum kamu berangkat mudik agar tetap aman hingga saat kamu pulang. Selamat mudik!

 

Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik (via Lampung Post)