Keuangan Tetap Aman, Begini Cara Menghemat Uang Saat Ramadan

Sebagai orang yang bijak, kamu wajib tahu bagaimana cara menghemat uang saat Ramadan. Yuk simak ulasannya!

Sebagai orang yang bijak, kamu wajib tahu bagaimana cara menghemat uang saat Ramadan. Mengingat di bulan puasa, akan ada banyak kegiatan yang membutuhkan ekstra uang untuk dikeluarkan.

Kegiatan tersebut misalnya seperti buka puasa bersama, membeli takjil buka puasa, bingkisan untuk keluarga, atau membeli baju baru untuk lebaran. Nah, biar nggak boncos, berikut ini cara menghemat uang saat Ramadan yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Jangan Terlalu Sering Berbuka di Luar

Ramadan biasanya dijadikan ajang untuk buka bersama sekaligus reuni dengan teman-teman masa sekolah. Hal inilah yang terkadang membuat pengeluaran jadi membengkak. Ditambah lagi, ada keinginan untuk “self-reward” pasca berpuasa seharian sehingga ugal-ugalan memilih beragam makanan enak di luar.

Nah biar keuanganmu tetap aman, kamu bisa membuat prioritas, acara buka bersama mana yang harus kamu datangi. Tidak harus semuanya. Jika kamu terlalu memaksakan diri, dompetmu bisa tipis dari hari ke hari.

Selain itu, bagi yang hobi self-reward, cobalah untuk mengendalikan diri dan tidak membeli makanan berlebihan. Bagi anak kos atau yang terbiasa makan di warteg, cobalah untuk tetap konsisten dengan gaya hidup sehari-hari dan tak perlu berlebihan saat bulan puasa. Ingat bahwa kapasitas perut dan kantongmu “terbatas”.

2. Buat Takjil Sendiri

Cara Menghemat Uang Saat Ramadan (via Suara)

Meski banyak orang yang menjual takjil di luar saja, namun kamu bisa lho membuat takjil sendiri di rumah. Selain lebih higienis, membuat takjil sendiri juga akan membuatmu lebih hemat. Atau kamu juga bisa berburu takjil gratis di masjid. Dengan begitu, selain mendapatkan takjil, kamu juga bisa langsung salat magrib setelah berbuka puasa.

3. Manfaatkan Diskon

Cara Menghemat Uang Saat Ramadan (via Tempo)

Memanfaatkan diskon adalah salah satu cara untuk berhemat saat Ramadan. Kamu bisa menggunakan diskon melalui aplikasi atau promo restoran yang sering ditawarkan saat bulan Ramadan. Sementara itu, jika kamu ingin memasak sendiri, kamu juga bisa berbelanja ke pasar tradisional untuk mendapatkan harga yang lebih murah.

4. Menahan Diri dari  Lapar Mata

Cara Menghemat Uang Saat Ramadan (via Detik)

Orang yang berpuasa sering kali lapar mata saat membeli takjil. Akibatnya, takjil yang dibeli terlalu banyak, bahkan tidak sampai termakan semua. Nah, untuk menghindari kebiasaan tersebut, kamu harus mampu menahan diri dari lapar mata yang berbahaya untuk isi dompet. Beli makanan secukupnya saja, agar tidak mubadzir nantinya.

Nah, itu tadi beberapa cara menghemat uang saat Ramadan. Dengan begitu saat Lebaran nanti, uang kamu masih cukup untuk diberikan pada ponakan dan orangtua. Semoga informasi ini bermanfaat ya!

Cara Menghemat Uang Saat Ramadan (via Fimela)