Biar Bisa Nabung untuk Masa Depan, Begini Cara Mengatur Gaji Biar Enggak Cepat Habis

Setelah gajian banyak orang seperti mendapat kebahagian sesaat. Lantas bagaimana cara mengatur gaji agar tidak cepat habis?

Setelah gajian banyak orang yang hanya merasa kebahagiaan sesaat, karena beberapa menit kemudian, cicilan dan tunggakan lainnya sudah mengantre untuk dibayar. Duh, kalau sudah begini bagaimana ya cara mengatur gaji biar enggak cepat habis?

Tahu nggak sih, terlalu sering belanja dan mengambil banyak cicilan tanpa membuat catatan keuangan akan membuat gaji bulanan jadi cepat habis. Karena itu kalau kamu ingin menabung, kamu butuh tekad yang kuat dan disiplin yang tinggi untuk mengatur keuangan bulanan kamu. Nah biar kamu bisa nabung untuk merencanakan masa depan, yuk coba cara mengatur gaji berikut ini biar enggak cepat habis.

1. Menentukan Tujuan Keuangan

Hal pertama yang harus kamu lakukan setelah gajian adalah menentukan tujuan keuangan. Misalnya seperti membayar hutang, menabung untuk masa pensiun, membeli rumah, umroh, atau membeli mobil. Tujuan keuangan dapat berupa segala sesuatu yang ingin kamu capai di masa depan.

2. Membuat Anggaran

Cara Mengatur Gaji (via Liputan6)

Terlihat sepele, namun membuat anggaran keuangan setiap bulan ini penting. Tujuannya adalah untuk memetakan ke mana saja tujuan keuangan kamu. Dengan begitu, kamu bisa mengganti semua pengeluaran yang tidak penting menjadi pengeluaran untuk hal-hal yang bersifat pokok saja.

3. Memiliki Catatan Keuangan

Cara Mengatur Gaji (via Avrist)

Selain membuat anggaran bulanan, kamu juga perlu membuat catatan keuangan. Tujuannya agar kamu tahu, uang yang sudah kamu keluarkan digunakan untuk apa saja. Jadi kalau ada hal yang ternyata kamu beli padahal tidak terlalu penting, kamu bisa tahu dan berjanji untuk tidak melakukannya lagi dilain waktu.

4. Gunakan Rekening Terpisah

Cara Mengatur Gaji (via Finansialku)

Ketika melihat saldo rekening masih banyak, tentu rasanya gatal ingin membeli sesuatu padahal enggak penting sama sekali. Gunanya memiliki rekening tabungan terpisah adalah agar kamu tidak tergoda untuk berbelanja secara impulsif dan memudahkan kamu melacak keuangan dengan lebih seksama.

Nah, sekarang sudah tahu kan bagaimana cara mengatur gaji agar tidak cepat habis. Lakukan dari sekarang jangan menunggu nanti ya. Agar gaji kamu bulan ini terselamatkan. Selamat mencoba.

Cara Mengatur Gaji (via Ajaib)