Hati-hati! Ini Bahaya Konsumsi Obat Diet Sembarangan

Obat diet yang menawarkan penurunan berat badan secara cepat bisa memiliki dampak buruk bagi kesehatan. Yuk simak ulasannya!

Mendapatkan tubuh ideal tanpa effort adalah impian banyak orang. Namun tahukah kamu bahwa obat diet  berupa pil, kapsul, atau suplemen yang menawarkan khasiat dalam menurunkan berat badan secara cepat bisa memiliki dampak buruk bagi kesehatan. 

Bahaya obat diet yang dikonsumsi sembarangan berpotensi mempengaruhi kondisi kesehatan jangka panjang jika tidak dipantau oleh pengawas profesional. Berikut efek samping apabila mengonsumsi obat diet sembarangan yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Ketergantungan

Ketergantungan merupakan masalah utama yang paling dikhawatirkan saat mengonsumsi obat-obatan diet. Hal ini disebabkan oleh proses pembakaran lemak yang mengandalkan bahan-bahan dari obat diet, sehingga tubuh memberi reaksi kecanduan. 

Bahaya Obat Diet (via Alodokter)

2. Gangguan Pencernaan

Mengonsumsi obat diet tanpa pendampingan ahli dapat menyebabkan gangguan sistem pencernaan. Sebab, obat diet bekerja untuk meluruhkan lemak di dalam tubuh secara paksa, sehingga dapat menimbulkan gangguan sistem pencernaan hingga diare.

Bahaya Obat Diet (via Woop)

3. Metabolisme Terganggu

Obat diet ternyata dapat memengaruhi proses metabolisme tubuh sehingga menjadi tidak terkontrol dan bekerja kurang maksimal. Apalagi jika obat diet itu menawarkan khasiat mempercepat metabolisme dan menekan nafsu makan. Tubuh membutuhkan makanan untuk diubah menjadi energi. Inilah yang disebut dengan metabolisme. Faktanya, penggunaan obat diet ternyata mengganggu proses metabolisme.

Bahaya Obat Diet (via Beautynesia)

4. Detak Jantung Lebih Cepat

Detak jantung yang menjadi lebih cepat juga merupakan dampak negatif obat diet. Penggunaan obat diet dapat menyebabkan jantung berdetak lebih cepat yang cenderung tidak beraturan. 

Hal ini disebabkan karena obat yang disaring di dalam darah membuat jantung bekerja lebih keras untuk memompanya. Peningkatan detak jantung ini dapat menyebabkan tekanan darah meningkat sehingga bisa mengakibatkan gangguan kardiovaskuler seperti stroke bahkan serangan jantung.

Bahaya Obat Diet (via Alodokter)

5. Tubuh Kekurangan Nutrisi

Dalam obat diet, biasanya terdapat kandungan phentermine dan topiramate yang berfungsi menekan nafsu makan. Karena hal ini, kamu biasanya jadi menghindari aupan bergizi dan malah menahan lapar sehingga mengurangi gizi dan zat besi yang diperlukan tubuh.

Yang terpenting, jika menginginkan tubuh sehat dan menarik, konsumsi makanan sehat dan jangan lupa berolahraga. Setelah mengetahui bahaya penggunaan obat diet, maka jangan mengonsumsi obat-obatan diet  tanpa saran ahli ya!

Bahaya Obat Diet (via HonestDocs)