6 Tips Packing Saat Liburan, Dijamin Ringkas dan Anti Berantakan

Bagaimana tips packing saat liburan agar ringkas dan tidak berantakan? Yuk cari tahu di sini!

Bagaimana sih tips packing liburan  agar barang jadi terlihat ringkas dan tidak berantakan? Jika kamu membawa banyak barang, pastinya sering mengalami barang hilang atau lupa menyimpan di mana. Alhasil, semuanya jadi riweuh dan membuat perjalanan jadi kurang menyenangkan.

Faktanya, melakukan proses packing saat liburan memang merupakan tantangan tersendiri apalagi jika berlibur bersama keluarga. Banyaknya barang bawaan yang perlu masuk ke dalam tas atau koper dan cara menyimpan barang yang kurang tepat, seringnya menambah beban bawaan selama perjalanan. 

Namun tenang, ada tips tentang bagaimana melakukan packing barang bawaan saat liburan. Ingin tahu lebih jauh? Simak informasi berikut ini agar kamu tidak lagi kerepotan dengan barang bawaan!

1. Pisahkan dan Letakkan Barang Berdasarkan Kategorinya

Tips packing yang pertama adalah dengan mulai mengategorikan barang bawaan. Saat liburan, kamu akan membawa banyak barang mulai dari pakaian, gadget, keperluan mandi, dan sebagainya. Agar mudah menyusunnya, kategorikan barang bawaanmu mulai dari pakaian, alat mandi, barang elektronika, dokumen, hingga kabel. 

Cara ini akan mempermudah saat mengecek benda mana saja yang belum terbawa. Setelah itu, pisahkan barang-barang kecil menurut kategori ke dalam kantong. Hal ini dilakukan agar memudahkanmu mencari barang dan mengeluarkan dari koper atau tas. 

Tips Packing Saat Liburan (via Phinemo)

2. Pilih Pakaian yang Bisa Dipadupadankan

Tips packing berikutnya adalah dengan tidak membawa banyak pakaian. Pilihlah pakaian yang bisa dipadupadankan agar bisa dipakai selama beberapa hari. Selain itu, sesuaikan juga pakaian dengan musim di tempat tujuanmu. Jika akhirnya kamu kehabisan pakaian bersih selama berlibur, kamu bisa menggunakan jasa laundry yang biasa ada di penginapan. 

Tips Packing Saat Liburan (via Rupa Rupa)

3. Jangan Membawa Banyak Bawahan

Celana atau rok pada dasarnya adalah jenis pakaian yang bisa dipadukan dengan banyak atasan. Karenanya, untuk menghemat ruang koper atau tas, kamu bisa menggunakan bawahan selama beberapa kali dengan paduan atasan yang berbeda. 

Agar tidak bingung dan bisa tepat sasaran, kamu bisa membuat rencana pakaian yang akan kamu gunakan di hari pertama, kedua dan seterusnya. Sehingga jumlah pakaian yang kamu bisa pas dan tidak kebanyakan.

Tips Packing Saat Liburan (via CNN)

4. Gulung Pakaian Sampai Kecil Lalu Atur dengan Rapi

Tips berikutnya adalah cara menata pakaian untuk menghemat ruang koper atau tas. Kamu bisa melakukan cara menggulung pakaian. Agar gulungan rapi, ikat masing-masing gulungan pakaian menggunakan karet. Setelah itu, tata rapi pakaian yang sudah digulung dalam tas. Cara ini terbukti dapat menghemat tempat dibanding dengan cara dilipat seperti biasa.

Tips Packing Saat Liburan (via Koran Jakarta)

5. Susun Barang Berdasarkan Prioritas yang Dibutuhkan Lebih Dulu

Setelah barang bawaan dikategorikan dan pakaian sudah digulung, kini saatnya menata barang bawaan ke dalam tas atau koper. Susun barang berdasarkan prioritas penggunaannya. Misalnya saja peralatan mandi dan baju mandi yang baru akan dikeluarkan ketika sudah masuk ke dalam kamar penginapan. 

Tips Packing Saat Liburan (via Buka Review)

6. Bawa Tas Lain Berukuran Kecil

Selain koper atau tas utama yang kamu pakai untuk menyimpan barang bawaan, kamu juga disarankan membawa tas kecil untuk menyimpan barang yang sering kamu pakai, misalnya saja handphone, dompet, tisu, obat-obatan dan juga charger. Dengan begini kamu tidak perlu berulang kali membongkar tas yang penuh berisi barang bawaan. 

Itulah tips packing saat liburan  yang bisa kamu terapkan saat jalan-jalan bersama keluarga nanti. Terutama untuk yang membawa banyak barang bawaab, cara di atas bisa dilakukan untuk mencegah berantakan dan risiko barang tertinggal. Tapi jangan lupa untuk mengecek kembali barang bawaan saat akan pulang kembali ya! Selamat berlibur!

Tips Packing Saat Liburan (via Buka Review)