Cara Menolak Lamaran Pria Secara Halus Tanpa Bikin Sakit Hati

Bagi perempuan, menolak ajakan menikah harus memberikan alasan yang masuk akal. Lalu bagaimana cara menolak lamaran pria secara halus?

Ketika dilamar oleh seorang pria, tentu jawabannya tidak selalu “iya”. Pihak perempuan boleh menolak lamaran si pria dengan memberikan alasan yang masuk akal. Tapi ingat, jangan mengeluarkan kata-kata yang menyakitkan ya, kamu harus tahu cara menolak lamaran pria secara halus.

Berkata "tidak" ketika dilamar oleh seseorang mungkin memang hal yang sangat sulit. Karena mungkin kamu takut menyakiti hati pria tersebut. Namun jika kamu sudah mempertimbangkannya baik-baik, dan jawabannya tetap tidak bisa menerima. Sebaiknya kamu gunakan cara ini untuk menolak lamaran tersebut secara halus. Bagaimana caranya?

1. Jangan Memberi Harapan

Pinangan seseorang terkadang datang tanpa diduga. Karena itu, jika ada seorang pria yang menyinggung soal lamaran pernikahan sebaiknya jangan terlihat memberi harapan. Meski hanya disinggung tidak secara jelas, namun sebaiknya kamu menanggapinya dengan sikap yang tegas namun tetap sopan.

Menolak Lamaran Pria Secara Halus (via Verst)

2. Jelaskan Alasanmu Mengapa Menolak Lamarannya

Setelah menolak pinangan seseorang, sangat penting untuk menjelaskan segamblang mungkin apa alasan kamu menolaknya. Ungkapkan alasan kamu sejujur-jujurnya agar pihak pria juga bisa mengerti dan sanggup menerima keputusan tersebut.

Menolak Lamaran Pria Secara Halus (via Blacan)

3. Katakan Padanya Sebelum Si Pria Benar-Benar Menemui Orangtuamu

Jika si Dia selalu menyindir soal lamaran pernikahan padamu, sebaiknya kamu mulai membicarakannya secara serius. Ajak si Dia berbicara tentang sindiran pinangan yang dia katakan tadi. Jika kamu belum ingin menikah, katakan dengan jelas perasaanmu sebelum dia memutuskan untuk melamarmu secara formal.

Menolak Lamaran Pria Secara Halus (via IDN Times)

4. Jangan Mudah Terhasut

Pernikahan adalah hal yang serius, jadi harus dipikirkan betul-betul. Jangan hanya karena kamu termakan omongan orang, maka kamu jadi menerima lamaran tersebut padahal hatimu sama sekali tidak ingin menerima. Ingat keputusan sepenuhnya ada di tangamu, jadi jangan buat semua pihak bingung dengan keputusan kamu.

Nah, itu tadi cara menolak lamaran pria secara halus. Agar tidak terlalu menyakiti hatinya, sebaiknya tegaskan semua di awal sebelum dia benar-benar bertemu orangtua kamu. Jangan ragu, karena ini menyangkut masa depan kamu.

Menolak Lamaran Pria Secara Halus (via Popbela)