4 Tips Atasi Jetlag Usai Penerbangan Jauh, Boleh Dicoba Nih!

Tips atasi jetlag usai penerbangan jauh berikut ini bisa kamu coba agar kamu bisa nyaman ketika melakukan perjalanan jauh.

Umumnya orang mengalami jetlag usai penerbangan jauh. Hal ini merupakan gangguan tidur sementara yang terjadi akibat adanya perubahan zona waktu, kelembaban udara di pesawat, dan juga perubahan tekanan udara di sekitarnya. Tips atasi jetlag usai penerbangan jauh di bawah ini bisa kamu coba agar kamu bisa nyaman setelah melakukan perjalanan jauh.

Kondisi ini sebenarnya lazim dialami oleh para penumpang yang baru saja turun pesawat usai penerbangan jarak jauh. Kamu mungkin akan merasa kurang fokus, bingung, hingga sedikit sakit kepala. Lantas bagaimana cara mengatasinya? Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini cara mengatasi jetlag usai penerbangan jauh.

1. Ubah Jam Tangan Sesuai Zona Waktu Tempat Tujuan

Zona waktu antar negara belum tentu sama, maka dari itu jika kamu bepergian ke luar negeri, sebaiknya ubah waktu pada jam tanganmu sesuai dengan zona waktu tempat yang dituju. Ini akan mencegah kamu dari kebingungan tentang siang dan malam.

Meski demikian, saat ini beberapa jam digital sudah memiliki teknologi canggih sehingga bisa berubah secara otomatis menyesuaikan jam di zona baru. Atau jika kamu kurang yakin, periksa jam di ponsel yang biasanya akan langsung berubah ketika berubah zona.

Tips Atasi Jetlag Usai Penerbangan Jauh (via INTime)

2. Hindari Kafein dan Alkohol Sebelum Tidur

Cara kedua untuk mengatasi jet lag adalah dengan menghindari minuman berkafein atau alkohol minimal tiga sampai empat jam sebelum tidur. Sebab kedua minuman tersebut bisa berfungsi sebagai stimulan yang membuatmu susah tidur. Pada akhirnya kamu akan merasa kurang nyaman ketika sampai di tujuan.

Tips Atasi Jetlag Usai Penerbangan Jauh (via Jabar News)

3. Cari Sinar Matahari

Untuk mengatasi jet lag, usahakan tubuh terkena sinar matahari. Sebab sinar matahari bisa menjadi stimulan yang baik untuk mengatur jam biologis seseorang. Namun jika kamu lebih memilih untuk berdiam diri dalam ruangan, maka kamu akan memperburuk kondisi jet lag.

Tips Atasi Jetlag Usai Penerbangan Jauh (via Okezone Travel)

4. Unduh Aplikasi Timeshifter

Cara keempat untuk mengatasi jetlag adalah dengan cara mengunduk aplikasi timeshifter. Aplikasi ini akan sangat berguna ketika seseorang melakukan penerbangan sehingga bisa mengatur aktivitas sesuai kebiasaan sehari-hari

Kamu cukup memasukkan jadwal penerbanganmu, dan aplikasi ini akan otomatis mengeluarkan rencana yang disesuaikan dengan kapan harus tidur, kapan harus terkena cahaya, kapan harus minum atau menghindari kopi, dan lain sebagainya.

Nah, itu tadi beberapa tips atasi jetlag usai penerbangan jauh yang bisa kamu lakukan. Cara di atas sangat berguna agar kamu tetap fresh setelah turun dari pesawat sehingga terhindar dari risiko sakit. Selamat mencoba!

Tips Atasi Jetlag Usai Penerbangan Jauh (via Gizmologi)