7 Tips Memilih Menu Sahur Agar Tidak Lemas, Jangan Sampai Batal Puasa Ya Bestie!

7 Tips memilih menu sahur agar tidak lemas, salah satunya memilih karbohidrat kompleks.

Berikut tips memilih menu sahur agar tidak lemas. Diketahui, sahur punya peranan penting untuk menjalani puasa selama kurang lebih 14 jam. Maka dari itu, demi menjaga tubuh tetap fit sampai waktu berbuka, asupan nutrisi dari makanan yang kamu konsumsi saat sahur harus tercukupi. 

Kamu perlu memperhatikan pengaturan makan dan minum saat sahur agar tubuh tetap segar dan bugar saat berpuasa. Bagaimana caranya? Berikut ini tips memilih menu sahur agar tidak lemas dan tubuh tetap fit selama berpuasa. Simak penjelasannya di bawah ini sampai habis ya!

1. Pilih Karbohidrat Kompleks

Karbohidrat sangat dibutuhkan di dalam menu sahur sehat sebagai sumber energi. Tapi perlu diketahui, sumber karbohidrat itu enggak selalu nasi loh! Kamu bisa memilih sumber karbohidrat kompleks lainnya seperti nasi merah, roti gandum, oatmeal dan sereal, agar merasa kenyang lebih lama. Selain kaya akan karbohidrat kompleks, menu itu juga kaya serat yang bisa mengatur pelepasan energi secara perlahan.

2. Perbanyak Asupan Protein

Ilustrasi Karbohidrat Kompleks (Kompas)

Selain karbohidrat, protein juga sangat diperlukan karena berperan sebagai cadangan yang bisa memberikan energi secara konstan. Maka dari itu, makanan kaya protein juga penting dijadikan pilihan utama dalam membuat menu sahur sehat. Adapun contoh sumber protein yang baik seperti daging ayam, ikan, sapi, telur, ikan sampai kacang-kacangan.

3. Perbanyak Konsumsi Sayur dan Buah

Ilustrasi Protein (Anlene)

Konsumsi sayuran dan buah juga jadi hal yang tak boleh terlewatkan dalam menu sahur sehat. Sayuran dan buah dinilai tepat dijadikan sebagai menu sahur sehat karena mengandung banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Tak hanya itu, buah dan sayur juga kaya akan kandungan serat yang bersifat mengenyangkan, sehingga cocok dikonsumsi saat berpuasa.

4. Hindari Makanan Instan

Ilustrasi Sayur dan Buah (Astronauts)

Usahakan untuk tidak mengonsumsi makanan instan seperti mie dan makanan beku atau frozen food seperti kentang goreng, nugget, sosis, saat sahur. Memang makanan instan banyak digandrungi karena cara penyajiannya yang mudah dan cepat. Namun makanan instan sangat tidak baik.

Pasalnya, makanan instan mengandung bahan pengawet yang tidak sehat. Makanan instan juga bersifat kenyang sementara, maka dari itu tidak cocok untuk dijadikan menu makan sahur. Bukan tidak mungkin, nanti kamu bisa kelaparan di siang hari dan akhirnya membuat tubuh lemas.

5. Jangan Konsumsi Gorengan Terlalu Banyak

Ilustrasi Makanan Instan (SIRCLO Store)

 

Disarankan untuk tidak mengkonsumsi gorengan terlalu banyak. Pasalnya, ini bisa memicu radang tenggorokan, baik secara langsung atau perlahan. Gorengan juga mampu mengiritasi lapisan mukosa tenggorokan. Selain itu, gorengan juga memakai minyak goreng yang mengandung lemak trans sehingga membahayakan kesehatan tubuh dan memicu kanker.

7. Hindari Makanan Pedas dan Bersantan

Ilustrasi Gorengan (PergiKuliner)

Disarankan pula untuk menghindari makanan pedas dan bersantan saat sahur. Sebab, makanan jenis ini sulit untuk dicerna dengan baik, jadi mampu menghasilkan asam ke lambung. Makanan pedas dan bersantan juga bisa mengiritasi lambung, membuat perut kembung, menyebabkan gangguan pencernaan sampai memicu produksi asam lambung dan memicu penyakit maag.

7. Cukupi Asupan Cairan

Ilustrasi Makanan Pedas dan Bersantan (Kabar Makassar)

Air putih juga penting untuk membuat tubuh tetap terhidrasi meski puasa seharian. Pastikan kamu mencukupi asupan cairan agar tubuh tetap bugar dan terhindar dari lemas karena dehidrasi selama berpuasa. Disarankan untuk konsumsi air putih minimal 2 liter atau 8 gelas setiap harinya.

Ilustrasi Air Minum (Halodoc)