Setengah Penduduk Bumi Diprediksi Mengalami Obesitas, Bagaimana Cara Mencegahnya?

Obesitas bisa terjadi akibat pola hidup tidak sehat. Lalu bagaimana caranya agar terhindar dari bahayanya? Simak tips berikut ini!

Obesitas bisa terjadi akibat pola hidup tidak sehat. Agar terhindar dari bahayanya, banyak cara mencegah obesitas yang bisa dilakukan, mulai dari memperbaiki pola hidup yang tidak sehat dan rutin berolahraga.

Sayangnya, gaya hidup sehat kadang hanya menjadi teori karena banyak masyarakat yang tidak tahu bagaimana menerapkannya dengan baik. Lantas, bagaimana pola hidup sehat untuk mencegah obesitas? Simak informasi berikut:

1. Hindari Minuman Ringan dan Bersoda

Cara mencegah obesitas bisa dimulai dari menghindari minuman ringan dan bersoda. Kenapa kita harus menghindarinya? Penelitian mengungkap bahwa minum minuman bersoda bisa meningkatkan risiko obesitas dan menaikkan berat badan. Hal itu terjadi karena minuman ringan mengandung kadar gula yang tinggi.

Oleh karena itu, minuman ringan sering dikatakan sebagai pemicu obesitas. Dalam penelitian yang lain disebutkan bahwa seseorang yang meminum minuman bersoda, dapat mengonsumsi kalori sebesar 17 persen lebih banyak. Sebenarnya kamu boleh saja mengonsumsinya sesekali, namun jangan sampai berlebihan ya!

Cara Mengatasi Obesitas (via Klikdokter)

2. Rutin Berolahraga

Cara berikutnya mencegah obesitas adalah dengan mulai aktif bergerak. Kamu bisa berolahraga minimal aktif bergerak saat melakukan kegiatan sehari-hari. Namun tentu saja, kalori akan terbakar lebih optimal dengan olahraga.

Sempatkan waktu selama 30 menit setiap hari untuk melakukan kegiatan olahraga yang disukai, misalnya bersepeda atau yoga. Dengan demikian, kamu bisa menyeimbangkan kadar lemak dan menghindarinya menumpuk dalam tubuh.

Cara Mengatasi Obesitas (via Alodokter)

3. Hindari Makanan Olahan

Selanjutnya, hindari makanan olahan yang tinggi gula, lemak, dan kalori. Kamu juga perlu menghindari produk karbohidrat olahan, produk yang mengandung tepung dan olahan sejenisnya.

Namun, bukan hanya karbohidrat olahan saja yang perlu dihindari, melainkan juga makanan yang mengandung karbohidrat sederhana, karena akan menyebabkan lonjakan gula darah dengan cepat.

Cara Mengatasi Obesitas (via Jaringan Pangan dan Gizi Indonesia)

4. Istirahat Cukup

Cara berikutnya adalah dengan cukup istirahat. Alasannya karena kurang tidur bisa membuat nafsu makan jadi tidak terkendali. Rasa lapar yang tak terkendali inilah yang membuatmu makan tak terkontrol hingga menimbulkan lonjakan gula darah dengan cepat.

Selain itu, kurang tidur bisa merangsang produksi hormon yang memicu rasa lapar. Jadi, tidur lebih awal dan bangun di pagi hari setiap harinya membantu meningkatkan pola hidup sehatmu sekaligus dapat membantu mencegah obesitas.

Itulah cara mencegah obesitas yang bisa mulai kamu terapkan. Ingat, menjaga kesehatan tentu lebih baik daripada mengobati, bukan? Walaupun mungkin berat di awal, cobalah menerapkannya secara perlahan agar kesehatanmu tetap terjaga hingga tua nanti.

Cara Mengatasi Obesitas (via Detik)