Hindari 4 Kebiasaan Buruk Memakai Softlens, Jangan Asal Pakai!

Masih banyak orang yang melakukan kebiasaan buruk memakai softlens hingga dapat membahayakan diri sendiri. Yuk simak ulasannya!

Saat ini softlens lebih banyak diminati sebab tidak hanya membantu penglihatan, tapi juga sebagai alat penunjang penampilan. Sayangnya, masih ada orang yang melakukan kebiasaan buruk memakai soflens sehingga bisa membahayakan diri sendiri.

Perlu diketahui bahwa softlens merupakan benda yang perlu dirawat secara khusus, agar tidak menimbulkan efek buruk pada mata. Lantas, apa saja kebiasaan buruk memakai softlens yang masih sering dilakukan para penggunanya? Mengutip dari laman Japansoftlens, berikut ini daftarnya.

1. Membersihkan Softlens dengan Air Kran

Seperti yang diketahui bahwa air kran belum bisa dipastikan kebersihannya. Sebab air kran bisa saja mengandung banyak kuman yang dapat menyebabkan mata iritasi. Jadi sebaiknya hindari membersihkan softlens dengan air kran. Sebaiknya gunakan cairan pembersih khusus softlens agar kebersihan softlensmu tetap terjaga.

Kebiasaan Buruk Memakai Softlens (via CewekBanget)

2. Tidur Memakai Softlens

Kamu punya kebiasaan tidur sambil memakai softlens? Sebaiknya hentikan kebiasaan tersebut ya. Karena tidur dengan keadaan softlens yang masih terpasang akan menghambat aliran oksigen dan mempengaruhi pembuluh mata. Jadi sebaiknya lepas terlebih dahulu softlens yang kamu gunakan sebelum pergi tidur.

Kebiasaan Buruk Memakai Softlens (via Optik Tunggal)

3. Tidak Memperhatikan Masa Kadaluarsa Softlens

Tidak hanya makanan, tapi softlens juga memiliki tanggal kadaluarsa lho. Banyak orang yang asal pakai softlens tanpa memperhatikan kapan kadaluarsa softlens tersebut.Nah, agar kesehatan mata kamu tetap terjaga, biasakan cek kapan tanggak kadaluarsa softlens yang kamu gunakan.

Kebiasaan Buruk Memakai Softlens (via MerkBagus)

4. Membersihkan Softlens Hanya dengan Larutan

Membersihkan softlens tidak hanya sebatas dengan menggunakan larutan saja, tapi juga harus dirawat dengan benar. Caranya dengan rutin mengganti wadah softlens. Selalu ingat untuk mencuci bersih terlebih dahulu softlens sebelum disimpan, agar softlens yang kamu miliki lebih awet.

Nah, itu tadi beberapa kebiasaan buruk memakai softlens yang harus dihindari. Dijamin deh softlens kamu nggak akan bermasalah dan lebih awet. Jangan lupa juga jaga kebersihan agar tidak membawa dampak buruk pada matamu.

Kebiasaan Buruk Memakai Softlens (via Hello Sehat)